Pengembangan LKPD Pecahan Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Wisata Taman Beregam
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15084Keywords:
LKPD, PMRI, pecahan, Taman BeregamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis PMRI tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Lubuk Ngin. Penelitian dilakukan pada tanggal 16 Oktober 2023. Desain penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan desain ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan informasi dilakukan melalui metode wawancara dan penyebaran kuesioner. Kuesioner validasi dan praktikalitas digunakan untuk mengukur validitas LKPD berbasis PMRI. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli, ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 0,77 (relatif tinggi), ahli media memperoleh skor rata-rata 0,94 (tinggi), dan ahli materi memperoleh skor rata-rata 0,86 (tinggi). Sedangkan hasil analisis data angket praktikalitas kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 93,33% (efisien), dan data angket praktikalitas respon guru memperoleh skor rata-rata 86% (efisien). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKPD) materi pecahan PMRI konteks wisata Taman Beregam valid dan praktis sehingga dapat dinyatakan layak digunakan.
References
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(1), 1–10.
Anggela, D. L., Satria, T. G., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 246–259.
Anggraini, F., Frima, A., & Valen, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja pada Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2883–2891.
Ayuni, & Ahmad, S. (2021). Pengembangan LKPD pada Materi Operasi Pecahan Berbeda Penyebut Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 156–168.
Epriyani, C. R., Fitriyana, N., & Wahyuni, R. (2019). PMRI dengan Metode Inquiry Diimplementasikan pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 120–128.
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2019). Validitas LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148–158.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Mardia, A., Ilma, R., Putri, I., & Susanti, E. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PMRI dalam Konteks Piring Makan Ideal pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 155–165.
Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. BASICEDU, 5(4), 1926–1939.
Rahmadani, Y., Yuniawatika, & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854.
Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(1), 34–43.
Safitri, C. I., & Sukasno. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Materi Pecahan Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Wisata Musi Rawas. JP2M, 10(1), 61–69.
Saputri, L., Destiniar, D., & Murjainah, M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2949–2961.
Sukasno, S., Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran Pecahan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 6(1), 26–36.
Sulastri, W., & Wulantina, E. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mathema Journal, 5(2), 207–221.
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Zuriatin, S., Susanta, A., & Muktadir, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 268–275.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Junarsi Mayangsari, Sukasno Sukasno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.