Optimalisasi Kemampuan Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi AKM di SMA

Authors

  • Ana Dewi Pertiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rini Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15140

Keywords:

kemampuan numerasi, AKM, pembelajaran matematika

Abstract

Kemampuan numerasi penting bagi siswa dalam menghadapi keterampilan abad 21 dan erat kaitannya dengan kemampuan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya mengoptimalkan kemampuan numerasi untuk menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru matematika, dan siswa kelas XI di sebuah SMA Negeri di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif model alur interaktif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) perencanaan pembelajaran dalam upaya mengoptimalkan kemampuan numerasi siswa dilakukan dengan menyusun RPP, mengembangkan LKPD, dan menggunakan media pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran dalam upaya mengoptimalkan kemampuan numerasi siswa dilakukan dengan menyediakan fasilitas yang mendukung pembelajaran, menggunakan model pembelajaran PBL, memanfaatkan media pembelajaran yang relevan, dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, dan (3) evaluasi pembelajaran dalam upaya mengoptimalkan kemampuan numerasi siswa dilakukan dengan melakukan penilaian serta melakukan kegiatan supervisi akademik. Selanjutnya, diperlukan upaya lebih lanjut untuk merencanakan pembelajaran berorientasi numerasi, dilengkapi dengan LKPD dan instrumen penilaian yang memuat masalah matematika dengan berbagai variasi aspek konten, konteks, dan proses kognitif pada AKM numerasi, serta pemanfaatan teknologi secara efektif sebagai media pembelajaran.

References

Al Hawa, M. N., & Kartika, E. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berstandar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 157–164.

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448.

Diandra, W., Marsidin, S., Sabandi, A., & Zikri, A. (2020). Analisis Supervisi Kepala Sekolah dalam Penyusunan RPP dan Pelaksanaan Model Saintific di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 443–452.

Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian PMRI dengan Soal HOTS Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 138–148.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103.

Fasha, E. F., & Triyastuti, I. Y. (2022). Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Berbasis AKM Numerasi. Dialektika Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–7.

Handayani, S. (2022). Kesiapan Madrasah dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di MI Darul Maarif 1 Serut. Annual Conference on Madrasah Teacher, 05, 17–23.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69.

Kemdikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khamidah, N., & Azizah, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Penyelesaian Soal AKM di kelas XI SMK Gondang Wonopringgo. Prosiding Santiks 2: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 232–252.

Marsani, Khodaijah, & Makruf. (2021). Manfaat RPP Bagi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pendidikan Ips, 2(2), 81–85.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 924–932.

Nasoha, S. R., Araiku, J., Yusup, M., & Pratiwi, W. D. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61.

Novita, N., Mellyzar, & Herizal. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 172–179.

Novitasari, M., Sutama, Narimo, S., & Harsono. (2023). Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah dalam Pembudayaan Literasi Numerasi Era Pandemi Covid-19. Warta LPM, 26(1), 85–94.

OECD. (2019). PISA 2018. PISA 2018 Results, I.

Patriana, W. D., Sutama, & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3429.

Pertiwi, M., Suhendra, & Juandi, D. (2022). Mathematical Literacy Ability of Junior High School Students in Terms of Self-Efficacy. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 171–180.

Rejeki, S., Kholid, M. N., Faiziyah, N., Sari, C. K., Nurcahyo, A., Toyib, M., Sutama, Maulana, M. R., Palupi, K. T., & Andriani, T. (2023). Pelatihan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembelajaran Inovatif untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 143–155.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62.

Sofyan, F. A., Alfarizi, M. R., Liza, T., Sapitri, W., Riyani, R., & Khoirunnisa, N. (2022). Upaya Guru dalam Mempersiapkan Asesmen Kompetesi Madrasah Indonesia (AKMI) Literasi Numerasi pada Kelas V MI Asegaf Palembang. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(4), 419–427.

Susilowati, R. D., Sutama, & Faiziyah, N. (2020). Application of Podcasts on Spotify As a Mathematics Learning Media in The Middle of Covid-19 Pandemic. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68–78.

TIMSS. (2015). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). In TIMSS 2015 International Results in Mathematics.

Ulfah, M. S., & Rejeki, S. (2022). Desain Lembar Kerja Peserta Didik Materi Himpunan Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 6(1), 32–47.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508.

Downloads

Published

2024-12-26