Epistemological Obstacle Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Barisan dan Deret Geometri
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15159Keywords:
epistemology obstacle, taksonomi SOLO, barisan dan deret geometeriAbstract
Epistemological obstacle merupakan tantangan besar bagi siswa dalam memahami dan menguasai konsep matematika. Epistemological obstacle muncul akibat keterbatasan konteks yang dimiliki oleh siswa, yang dapat mengakibatkan penurunan tingkat pemahaman terhadap konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan epistemological obstacle siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi barisan dan deret geometri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas XE-10 SMA Negeri 7 Tasikmalaya sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari pemberian soal tes pada materi barisan dan deret geometri dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan siswa pada level prastruktural, unistruktural, dan multistruktural, tetapi tidak ada siswa pada level relasional dan extended abstrak. Siswa dengan level prastruktural, unistruktural, dan multistruktural mengalami epistemological obstacle paling banyak pada hambatan konseptual dan prosedural. Siswa cenderung melakukan kesalahan dalam penentuan rumus/definisi tidak ditulis, kesalahan interpretasi permasalahan, kesalahan dalam penentuan dan penerapan langkah-langkah penyelesaian.
References
Agustina, I. R., Mulyono, & Asikin, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 15(2), 92–100.
Amsikan, S., Nahak, S., & Mone, F. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Sebagai Alternative Solusi Mengatasi Learning Loss Siswa SMPN Nunufafi. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 447–451.
Arico, V. D., & Wahyudi, W. (2021). Pelevelan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Taksonomi SOLO. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 418–423.
Ariyana, T., Fera, M., & Febrian, F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa pada Level Multistructural Berdasarkan Taksonomi SOLO Plus dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Lingkaran. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 55–63.
Awala, F. K., Ekawati, M., Faradilla, Y., Triyani, W. I., Arifa, F. N., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Masalah Logaritma berdasarkan Taksonomi SOLO dan Kemandirian Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 219–233.
Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi SOLO pada Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2001–2009.
Azzahra, N., & Herman, T. (2022). Students’ Learning Obstacles in Social Arithmetic. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 187–200.
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118.
Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). Hambatan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11–22.
Hartanti, D., Djudin, T., & Mursyid, S. (2021). Analisis Tingkat Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Gerak Parabola Menggunakan Taksonomi Structure of the Observed Learning Outcomes (SOLO) Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–9.
İncikabi, L., & Biber, A. Ç. (2016). Problems Posed by Prospective Elementary Mathematics Teachers in the Concept of Functions: An analysis based on SOLO taxonomy. Mersin Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 12(3), 796–796.
Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Epistemological Obstacle Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547–558.
Khoirunnisa, A. U., Amin, A. K., & Taufiqurrohman, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dengan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 249–258.
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikaan Soal yang Berhubungan dengan Persegi dan Persegi Panjang Berdasarkan Taksonomi SOLO Plus pada Kelas VII. Jurnal MATHEdunesa, 2(1), 1–8.
Marisa, G., Syaiful, S., & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77–88.
Mega, A. P., Tayeb, T., Angriani, A. D., Syam, L. K., & Rustiani. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Problems on Geometry Material Based on SOLO Taxonomy Class VII MTs Muhammadiyah Tanetea. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–12.
Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2017). Analysis of the Ability in Mathematical Problem-Solving Based on SOLO Taxonomy and Cognitive Style. Journal World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 68–73.
Naifio, E. R. M., Fitriani, & Siahaan, M. M. L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure Of Observed Learning Outcomes) pada Materi Perbandingan. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 67–78.
Puspita, N., & Setyaningsih, N. (2016). Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar di Tinjau dari Taksonomi Solo di SMP Negeri 1 Sambi. Publikasi Ilmiah UMS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7595
Rasmania, Sugiatno, & Suratman, D. (2018). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menentukan Domain dan Range Fungsi Kuadrat di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–9.
Rosita, C., Maharani, A., Tonah, & Munfi. (2020). Learning Obstacle Siswa pada Materi Lingkaran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 1–23.
Sawitri, Z. A., Fuadiah, N. F., & Tanzimah, T. (2020). Analisis Learning Obstacle pada Materi Volume Limas. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 16–25.
Tebing, S., Barat, T., & Meranti, K. K. (2017). Analisis Learning Obstacle Siswa SMA pada Materi Fungsi Invers. Jurnal Guru Dikmen & Diksus, 2(1), 78–86.
Utami, Z. A., Sugiatno, & Ijuddin, R. (2020). Hambatan Epistemologi Pemahaman Konseptual berdasarkan Taksonomi SOLO pada Siswa. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(1), 41–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dini Khairunisa, Yeni Heryani, Ratna Rustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.