Kemampuan Spasial Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15166Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa ditinjau dari tipe kepribadian menurut David Keirsey. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tipe kepribadian MBTI, tes kemampuan spasial, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kepribadian MBTI dan soal tes kemampuan spasial. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara siswa menjawab seluruh tes kepribadian MBTI kemudian dikelompokkan menjadi tipe kepribadian menurut David Keirsey yaitu guardian, artisan, rational, idealist, dan siswa menjawab soal tes kemampuan spasial tanpa melihat benar atau salah pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe kepribadian rational dapat memanipulasi objek, memandang objek dari perspektif berbeda, dan mampu merotasi dan menentukan hubungan antar garis. Sedangkan subjek dengan tipe kepribadian guardian, artisan, dan idealist hanya dapat memanipulasi objek dan memandang objek dari perspektif yang berbeda.
References
Amalia, S. R. (2019). Representasi Matematis dalam Pembelajaran dengan Model Problem-Based Learning Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Elemen, 5(2), 190–205.
Anissa, D., Utami, C., & Wahyuni, R. (2022). Hubungan Kemampuan Spasial Matematis dengan Minat Belajar Siswa pada Materi Geometri. STKIP Singkawang, 5(2), 125–131.
Azustiani, H., Fiantika, F. R., & Handayani, A. D. (2017). Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa di SMPN 1 Semen. Simki-Techsain, 01(05).
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279.
Febriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama ( SMP ) Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13–23.
Fitriasari, P. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD Pada Materi Geometri Dasar. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(1), 86–95.
Gunur, B. (2019). Hubungan Kemampuan Numerik dan Kemampuan Spasial terhadap Kemampuan Komuni- kasi Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 224–232.
Hibatullah, I. N., Susanto, & Monalisa, L. A. (2020). Profil Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 115–124.
Keirsey, D. (1998). Please Understand Me II: Temperament, Character, Intelligence. In Prometheus Nemesis.
Lutfitasari, A. (2018). Students ’ Spatial Reasoning in Solving Geometrical Problems Based on Personality Types. Advances in Intelligent System Research (AISR), 157(Miseic), 171–175.
Meilinda, N. V., Nuraisyah, L. F., & Senjayawati, E. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal On Education, 1(3), 515–524.
Mulbar, U. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut Keirsey. Issues in Mathematics Education, 5(1), 18–31.
Musriroh, R. Z., Hidayanto, E., & Rahardi, R. (2021). Penalaran Spasial Matematis Dimensi Persepsi dan Visualisasi Kelas VIII dalam Pemecahan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1774.
Nuraini, A., Sunardi, Ambarwati, R., Hobri, & Jatmiko, D. D. H. (2022). Analisis Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. Kadikma, 13(1), 88–100.
Prasasti, G. P., Nugraheni, P., & Darmono, P. B. (2023). Analisis Numerasi Siswa SMP pada Tipe Kepribadian Keirsey: Rational dan Guardian. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 818–826.
Pratama, N. I., & Effendi, M. H. (2020). Analisis Proses Metakognitif Siswa Tipe Kepribadian Idealist, Artisan, Guardian, dan Rational dalam Pemecahan Masalah Matematika. JP3M Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(2), 71–82.
Putri, M. A., Haerudin, & Hidayati, N. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Karakteristik Kepribadian Keirsey (Artisan, Guardian, Idealist dan Rasional). Ed-Humanistics, 05(02), 691–697.
Rahmadhani, E., & Ahmad, N. Q. (2022). Kecemasan dan Kemampuan Analogi Matematis dalam Model Pembelajaran Trffinger Berdasarkan Kepribadian. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 933–945.
Rohim, M. F., & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, 5(1), 80.
Shofilah, D. A., Susanto, Suwito, A., Sunardi, & Monalisa, L. A. (2021). Profil Kemampuan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Spasial Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey. Kadikma, 12(2), 86–94.
Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Keterampilan Geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044
Syahreza F. M., & Sylviana Z. L. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 313–322.
Widiyatmoko, S. (2018). Deskripsi Penalaran Analogi Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey Siswa SMP Negeri 1 Ajibarang. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 4(November), 9–14.
Zaeny, H. N., & Puspanda, D. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Penyelesaian Soal Cerita Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. JAMES Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 51–58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuhyin Nupus, Yeni Heryani, Ratna Rustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.