Tinjauan Literatur Sistematis tentang Alat Bantu Digital untuk Pengajaran dan Pembelajaran Geometri: Tren Penelitian, Kumpulan Data, dan Analisis Data
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15173Keywords:
SLR, alat bantu digital, geometriAbstract
Alat bantu digital diperlukan dalam pembelajaran geometri karena mampu memberikan visualisasi yang lebih konkret terhadap konsep-konsep abstrak, meningkatkan pemahaman siswa, serta mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Teknologi ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konsep geometris secara dinamis dan mendalam melalui simulasi, animasi, atau perangkat lunak khusus. Selain itu, alat bantu digital dapat membantu guru menyampaikan materi dengan cara yang lebih menarik, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Penelitian ini menggunakan analisis konten pada sejumlah artikel yang telah diterbitkan dalam jurnal terindeks Scopus dengan quartile Q1- Q4 sejak tahun 2013 hingga 2023, dengan alat bantu digital pengajaran dan pembelajaran geometri sebagai fokus utama penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam delapan tahun terakhir, jumlah publikasi yang berfokus pada alat bantu digital telah meningkat. Di antara publikasi-publikasi tersebut, penelitian yang paling dominan adalah penelitian kualititatif. Metode analisis data yang paling sering digunakan case study. Berdasarkan hasil ini, rekomendasi yang dapat disampaikan adalah pengembangan lebih lanjut terhadap alat bantu digital untuk mendukung proses pembelajaran geometri, termasuk eksplorasi metode pembelajaran dan pengajaran baru khususnya matematika dan evaluasi efektivitasnya dalam berbagai konteks pendidikan.
References
Agusta, E. S. (2021). Pembelajaran Etnomatematika Pada Budaya Betawi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 53–67.
Chen, C.-H., Chou, Y.-Y., & Huang, C.-Y. (2016). An Augmented-Reality-Based Concept Map to Support Mobile Learning for Science. The Asia-Pacific Education Researcher, 25(4), 567–578. https://doi.org/10.1007/s40299-016-0284-3
Febriani, F., & Nurhuda, A. (2021). Kurikulum Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 2(2), 63–69.
Findo, K., & Arman. (2017). Sistem Penilaian Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran MAS TI Tanjung Barulak. Techno.Com, 16(3), 229–239.
Gavilán-Izquierdo, J. M., García, M., & Martín-Molina, V. (2021). Characterizing the Role of Technology in Mathematics Teachers’ Practices When Teaching About the Derivative. Computers in the Schools, 38(1), 36–56.
Putri, I. A. (2023). Modernisasi Pembelajaran IPS Berbasis TPACK Di Era 4.0 Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233-241.
Irwanto, I. (2021). Research Trends in Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack): A systematic literature review from 2010 to 2021. In European Journal of Educational Research (Vol. 10, Issue 4, pp. 2045–2054). Eurasian Society of Educational Research.
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108.
Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Komunikatif, 8(2), 205–222.
Maizana, D., & Putri, S. M. (2022). Pelatihan Penggunaan Media Praktikum Koefisisen Gesekan Kepada Siswa Pondok Pesantren Hidayatullah. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 577.
Martin, M., Elmansyah, T., & Novianty, F. (2020). Penguatan Nilai Karakter dalam Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 165–178.
Ningtyas, Y. D. W. K., Firdaus, H. P. E., & Rahayu, Y. D. (2022). Pelatihan Aplikasi Digital Matematika untuk Pemberdayaan Keterampilan Guru Matematika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 3171-3178.
Nur Habiba, R., Zahra Luthfiyah, R., Puspita Della, S., & Nafisa, S. (n.d.). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Original Research.
Pati, G. K., & Budiyanto, A. D. (2017). Analisis Perbandingan Metode Sibis dan Metode Econometric Dalam Pengukuran Kesenjangan Digital di Sumba Barat Daya. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 11, 10–15.
Putri, I. A., & Harinaredi. (2023). Modernisasi Pembelajaran IPS Berbasis TPACK di Era 4.0 Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233-241.
Purnasari, P. D., Silvester, S., Dimmera, B. G., Manulang, R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Instrumen Pengukuran Tingkat Kesiapan Digitalisasi Pembelajaran Sekolah Dasar Ditinjau dari Perspektif Pendidik Dan Peserta Didik Wilayah Perbatasan. Sebatik, 26(2), 725–731.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Ridho Alfarisi, Dafik, & Prihandini, R.M. (2023). Pendidikan Matematika Sekolah Dasar. Penerbit BRIN.
Santos-Trigo, M., Reyes-Martínez, I., & Aguilar-Magallón, D. (2015). The Use of Digital Technology in Extending Mathematical Problem Solving Reasoning (pp. 298–309).
Setia Nugraha, A. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Alat Evaluasi Berbasis Digital. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(1), 252–259.
Soeprianto, H., Prayitno, S., Hamdani, D., Apsari, R. A., & Wulandari, N. P. (2021). Kelas Digital Terpadu untuk Persiapan Menghadapi Kompetisi Sains Nasional Bidang Matematika bagi Siswa SMPK Kesuma Cakranegara. Journal of Community Development & Empowerment, 1(2), 70–80.
Sudihartinih, E., Hajizah, M. N., & Marzuki, M. (2021). Penggunaan Teknologi Digital Pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 59.
Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Apriliyanti, A., Maulida, C. K., Winanto, A., & Hidayat, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru MGMP Matematika SMP. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1393.
Sylviani, S., & Permana, F. C. (2019). Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Geogebra sebagai Alat Bantu Siswa dalam Memahami Materi Geometri. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(1), 1–8.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., Iswara, B., Studi, P., Informasi, S., Bali, S., Raya, J., & No, P. (n.d.). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. In Indonesian Journal of Information Systems (IJIS (Vol. 1, Issue 2).
Uteuliev, N. S., & Madyarov, N. K. (2022). The Possibilities of Using New Digital Technologies in Teaching Students the Course of Geometry. Iasaýı Ýnıversıtetіnіń Habarshysy, 124(2), 243–255.
Yopa, Y., Narasiska, D., Nadia, N., & Putra, Y. Y. (2021). Permainan Pangkak Igik Karet sebagai Media Berhitung. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163.
Yuliana, Y., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(6), 6034–6039.
Yunianti, R., Oktiana, S. D., Finisa, L., & Sabilla, N. I. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 1–13.
Yunita, Y. (2022). Studi Meta-Analisis: Pembelajaran Berbasis Digital dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Matematis. Edumat : Jurnal Edukasi Matematika, 13(1), 47–57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alpha Galih Adirakasiwi, Dadang Juandi, Siti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.