Pengembangan Perangkat Ajar Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15244Keywords:
matematika, numerasi, pembelajaran berbasis masalahAbstract
Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menciptakan perangkat ajar yang dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif, khususnya pada materi barisan dan deret. Adanya pengembangan perangkat ajar dilakukan untuk peningkatan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis research dan development dengan pengembangan model 4D dari Thiagarajan. Tahapan 4D dari Thiagarajan mencakup tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Adapun data yang dihimpun memanfaatkan teknik observasi, tes, dan angket. Hasil dari penelitian pengembangan perangkat ajar berbasis masalah tergolong ke dalam kriteria valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan dapat dilihat dari nilai kevalidan setiap modul ajar sebesar 4,76, LKPD sebesar 4,77, paket tes sebesar 4,71, dan buku petunjuk sebesar 4,76 (dari 5) yang termasuk pada kategori valid. Nilai kepraktisan diperoleh dari aktivitas siswa sebesar 89,7%, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89,2%, dengan angket respon guru bernilai positif. Nilai keefektifan dilihat dari data hasil belajar diperoleh 81,8% tuntas secara klasikal. Tidak hanya itu, keefektifan dilihat dari kemampuan numerasi dari peningkatan N-Gain yang menunjukkan rerata 0,77 pada kategori tinggi, serta angket respon siswa yang menunjukkan nilai positif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat ajar berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
References
Aklimawati, Mahmuzah, R., & Rahmat, Q. (2019). Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Barisan dan Deret di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(2), 147–152.
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(03), 2857–2868.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-Based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35.
Gal, I., Grotlüschen, A., Tout, D., & Kaiser, G. (2020). Numeracy, Adult Education, and Vulnerable Adults: A Critical View Of A Neglected Field. ZDM - Mathematics Education, 52(3), 377–394.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept of Physics Indiana University.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, P., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayat, R., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(03), 3017–3027.
Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 195–215.
Khotimah, K., & Aini, K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 90–99.
Khusna, J. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Problem Based Learning untuk Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 506–512.
Kristianti, & Handayani, I. (2023). Analisis Literasi Numerasi Matematis Peserta Didik Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1379–1390.
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Miranti, K., Rusyadi, A., & Fahmi. (2022). Melatih Keterampilan Psikomotorik Siswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Journal of Banua Science Education, 2(2), 93–98.
Muzaki, A., & Masjudin, D. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Moshafara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.
Pambudi, D. S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). The Role of Mathematical Connections in Mathematical Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 129–144.
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.
Pandu, R., Purnamasari, I., Nuvitalia, D. Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. 1(2), 127–134.
Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109–115.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Kemendikbud.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.
Santoso, R., Margana, & Wahyudi, A. T. (2015). Perancangan Buku Panduan Belajar Menggambar untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Adiwarna, 1(6), 1–13.
Sari, S. P., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2021). Students’ Numeracy Skills Relating to Algebra Topic Using COVID-19 Context. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(1), 182–192.
Soraya, L., & Aisyah, N. (2022). Pengembangan LKPD Materi SPLTV Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengukur Keterampilan Numerasi Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 122–131.
Wachidah, L. R., Laila, Y., Irmawati, A., & Amin, S. (2020). Implementasi Penggunaan Tes Essay dalam Evaluasi Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tlanakan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–10.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(02), 1687–1699.
Yuliawanti, E., Suciati, & Ariyanto, J. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Scaffolding Learning Activities terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 23–29.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Sinapmasagi, 2(1), 44–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maulidi Arsih Umaroh Islamiah, Nurcholif Diah Sri Lestari, Didik Sugeng Pambudi, Dian Kurniati, Arika Indah Kristiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.