Pengembangan Perangkat Ajar Matematika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15245Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, berpikir kritisAbstract
Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik dalam menghadapi permasalahan kehidupan, namun kenyataan yang terjadi di lapangan keterampilan berpikir kritis masih rendah. Dengan begitu, perlunya mengembangkan perangkat ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian pengembangan dengan maksud untuk mengembangkan sebuah perangkat ajar berbasis proyek dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat ajar adalah model 4D. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian melalui observasi, tes, dan angket. Subjek uji coba yaitu kelas X6 MAN 1 Jembrana yang berjumlah 26 siswa. Data validitas dilakukan dengan menganalisis skor validasi dari validator yang mencakup validasi modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Soal tes berturut-turut yaitu 4,75; 4,66; 4,83. Adapun data terkait kepraktisan diperoleh dari rerata skor seluruh pertemuan yang dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 4,44 yang termasuk dalam kategori tinggi. Data berupa tes hasil belajar, hasil observasi berpikir kritis, dan angket respon siswa digunakan untuk menganalisis data keefektifan perangkat, menunjukkan siswa tuntas secara klasikal sebesar 80,76% dan rerata N-Gain siswa adalah tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa kritis dan respon siswa diperoleh positif. Dengan begitu, penelitian ini dapat dimaknai perangkat ajar berbasis proyek yang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Amelia, D. J., AM, I. A., & Saputra, S. Y. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Metakognisi di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 113–122.
Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2, 9–17.
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Prestasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243.
Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois.
Hake, R. R., & Reece, J. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University.
Hakiki, F. N., Pambudi, D. S., & Kurniati, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2579.
Hobri, H. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.
Kristianto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning. Mimbar Ilmu, 25(1).
Kurniasih, I. (2021). Kupas Tuntas Asesmen Nasinal AKM. Kata Pena.
Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PJBL-STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. State University of Malang.
Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61–68.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Salsinha, S. B., Amsikan, S., & Siahaan, M. M. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di SMA Nurul Falah Kefamenanu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Septiahani, A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322.
Surya, A. D., & Pebrian, A. (2022). Bedah Kurikulum Prototipe (2022) Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi (1st ed.). Dewa Publishing.
Trimawati, K., Tjandrakirana, & Raharjo. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2).
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Issue August). Erzatama Karya Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Fadilah, Dian Kurniati, Didik Suggeng Pambudi, Nurcholif Diah Sri Lestari, Nanik Yuliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.