Pengembangan Perangkat Ajar Matematika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Siti Fadilah Universitas Jember
  • Dian Kurniati Universitas Jember
  • Didik Suggeng Pambudi Universitas Jember
  • Nurcholif Diah Sri Lestari Universitas Jember
  • Nanik Yuliati Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15245

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, berpikir kritis

Abstract

Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik dalam menghadapi permasalahan kehidupan, namun kenyataan yang terjadi di lapangan keterampilan berpikir kritis masih rendah. Dengan begitu, perlunya mengembangkan perangkat ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian pengembangan dengan maksud untuk mengembangkan sebuah perangkat ajar berbasis proyek dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.  Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat ajar adalah model 4D. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian melalui observasi, tes, dan angket. Subjek uji coba yaitu kelas X6 MAN 1 Jembrana yang berjumlah 26 siswa. Data validitas dilakukan dengan menganalisis skor validasi dari validator yang mencakup validasi modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Soal tes berturut-turut yaitu 4,75; 4,66; 4,83. Adapun data terkait kepraktisan diperoleh dari rerata skor seluruh pertemuan yang dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 4,44 yang termasuk dalam kategori tinggi. Data berupa tes hasil belajar, hasil observasi berpikir kritis, dan angket respon siswa digunakan untuk menganalisis data keefektifan perangkat, menunjukkan siswa tuntas secara klasikal sebesar 80,76% dan rerata N-Gain siswa adalah tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa kritis dan respon siswa diperoleh positif. Dengan begitu, penelitian ini dapat dimaknai perangkat ajar berbasis proyek yang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Amelia, D. J., AM, I. A., & Saputra, S. Y. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Metakognisi di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 113–122.

Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2, 9–17.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Prestasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243.

Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois.

Hake, R. R., & Reece, J. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University.

Hakiki, F. N., Pambudi, D. S., & Kurniati, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2579.

Hobri, H. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.

Kristianto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning. Mimbar Ilmu, 25(1).

Kurniasih, I. (2021). Kupas Tuntas Asesmen Nasinal AKM. Kata Pena.

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PJBL-STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. State University of Malang.

Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61–68.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Salsinha, S. B., Amsikan, S., & Siahaan, M. M. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di SMA Nurul Falah Kefamenanu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Septiahani, A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322.

Surya, A. D., & Pebrian, A. (2022). Bedah Kurikulum Prototipe (2022) Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi (1st ed.). Dewa Publishing.

Trimawati, K., Tjandrakirana, & Raharjo. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2).

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Issue August). Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2024-12-31