Hambatan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Ditinjau dari Self-regulated Learning
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15265Keywords:
hambatan epistemologi, lingkaran, self-regulated learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan epistemologi siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran ditinjau dari self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 4 Tasikmalaya pada 30 siswa kelas VIII dengan 7 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket self-regulated learning, pemberian soal tes materi lingkaran, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kategori self-regulated learning tinggi mengalami hambatan epistemologi pada jenis hambatan menggeneralisasi. Sementara itu, siswa dalam kategori self-regulated learning sedang dan rendah mengalami hambatan epistemologi pada jenis hambatan intuitif yang keliru, menggeneralisasi, dan penggunaan bahasa alamiah
References
Adelina, R., Sepriyanti, N., & Khaidir, C. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self-regulated Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 46–50.
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. Kluwer Academic Publishers.
Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). Hambatan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11–22.
Gerhani, J., Bey, A., & La Ndia, L. N. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Materi Lingkaran Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 99.
Hercovics, N. (1989). Cognitive Obstacle Encountered in the Learning of Algebra (S. Wagner & K. Carolyn (eds.); Reasearch). V: Lawrence Erlbaum for NCTM.
Hudaifah, F. (2020). Peran Self Regulated Learning di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 76–84.
Ilany, B.-S., & Margolin, B. (2010). Language and Mathematics: Bridging between Natural Language and Mathematical Language in Solving Problems in Mathematics. Creative Education, 01(03), 138–148.
Jusra, H., & Liddini, U. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Self-Regulated Learning. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(03), 256–263.
Marlina, Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Hasbi. (2020). Peningkatan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pnt (Problem Numbering Together) Berbantuan Video Animasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 120–125.
Maulidia, A., Saputro, M., & Desy Susiaty, U. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLTV Berorientasi PISA dengan Konten Change and Relationship. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1877–1883.
Muharrom, A., & Kadarisma, G. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 463.
Murniasih, T. R., Sa’dijah, C., Muksar, M., & Susiswo. (2020). Fraction Sense: An analysis of preservice mathematics teachers’ cognitive obstacles. Center for Educational Policy Studies Journal, 10(2), 27–47.
Nuraini, F., Agustiani, N., & Mulyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3067–3082.
Pamuji, A. B. S., & Wijayanti, P. (2020). Karakteristik Intuisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 9(1), 155–161.
Permata Sari, Y., Diah Utami, F., Suciyanti, N., Maulidina, N., & Ningsih, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Aljabar di SMP Negeri 238 Jakarta. Original Research, 429–438.
Prameswari, D. A., & Muniri, M. (2023). Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(1), 79.
Qomariyah, S. H. (2022). Hambatan Epistemologi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segitiga. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Rasmania, Sugiatno, & Suratman, D. (2018). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menentukan Domain dan Range Fungsi Kuadrat di Sekolah Menengah Atas. Jurnam Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–9.
Rizki R, R., Suryadi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Learning Obstacle dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3671.
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1).
Rustanuarsi, R. (2023). Resiliensi Matematis Mahasiswa Tadris Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 587–595.
Sa’adah, L. (2022). Hambatan Belajar Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Model Flipped Classroom pada Materi Penyajian Data. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Shiddiq, D. A., & Rizal, G. L. (2021). Hubungan Self-Regulated Learning dengan Stres Akademik Siswa SMA Kota Bukittinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 171.
Subroto, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109.
Tamba, K. P., & Saragih, M. J. (2020). Epistemological Obstacles on the Quadratic Inequality. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 317–330.
Zamnah, L. N. (2019). Analisis Self-Regulated Learning yang Memperoleh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Hands-On Activity. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ira Meliani, Eva Mulyani, Siska Ryane Muslim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.