Efektivitas Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15332Keywords:
Problem Based Learning, etnomatematika, pemecahan masalahAbstract
Etnomatematika merupakan suatu penggabungan dari konsep budaya dalam matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan jenis penelitian eksperimen kuantitatif. Uji t one sample t-test dan uji independent sample t-test merupakan metode kajian data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil membuktikan model pembelajaran berbasis masalah dengan nuansa etnomatematika memenuhi ketuntasan individu siswa kelas V SD pada konsep geometri volume bangun ruang sebesar 90%. Nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas eksperimen 80,70 dan kelas kontrol 77,43. Sehingga terbukti model PBL yang dipadukan unsur etnomatematika lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran biasa. Secara keseluruhan penerapan model pembelajaran berbasis masalah bernuansa etnomatematika terbukti sangat efektif dalam memfasilitasi perolehan keterampilan pemecahan masalah yang juga relevan dengan salah satu tujuan pendidikan matematika di tingkat nasional yaitu meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah dan meningkatkan kemampuan dalam berpikir.
References
Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3).
Agsya, F. M., Maimunah, M., Roza, Y., & others. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTS: pemecahan masalah: motivasi: polya. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31–44.
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–54.
Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.
Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145–158.
Iswara, S. N. W., Kusuma, D., & others. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 3 Subtema 2 dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 388–396.
Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–57.
Marsigit, M., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.
Pamungkas, F. D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. BASIC EDUCATION, 7(37), 3–649.
Purwanti, D., Zaenuri, Z., & Asikin, M. (2019). Problem Solving Ability in The Learning Model of Problem-Based Learning Based on Ethnomathematics. Journal of Primary Education, 8(7), 113–120.
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren IMMIM Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 49–57.
Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. Disampaikan Pada Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, Dan Isu Plagiarisme, 1–7.
Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–12.
Setyani, Y. L., & Amidi, A. (2022). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520–536.
Solichah, H., Surani, C. A., & Pratini, H. S. (2016). Penggunaan Gamelan Sebagai Media Belajar Matematika Di Smp Negeri 1 Berbah. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy, 89–94.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Krisanti, Dani Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.