Penggunaan Media Tangram pada Materi Geometri Bidang Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD

Authors

  • Adeliasari Kusuma Wardani IKIP Siliwangi
  • Harry Dwi Putra IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15336

Keywords:

berpikir kreatif, media tangram, geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penggunaan media Tangram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cibodas 1 Cimahi.  Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, mengutip penelitian terdahulu tentang media Tangram, serta hasil instrumen penilaian proyek individu. Proyek individu yang diberikan yaitu implementasi kemampuan kreatifitas geometris sesuai dengan konsep dasar dalam mengenal bentuk bangun datar. Hasil deskripsi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif memiliki 4 indikator yaitu kecepatan, keluwesan, keaslian, dan kemampuan mengolaborasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Tangram terhadap berpikir kreatif siswa pada materi bangun datar kelas IV SDN Cibodas 1 Cimahi dapat dikatakan efektif. Hal tersebut ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa yang mampu memenuhi keseluruhan dari 4 indikator dalam berpikir kreatif. Selain itu, siswa mampu menyelesaikan media Tangram dengan tepat dan cepat untuk menyusun potongan-potongan Tangram sehingga menjadi suatu objek yang diinginkan.

References

Badger, T. M., & Medina, E. V. (2015). Puzzles-based Learning of Mathematics in Engineering. Engineering Education, 8(1), 122–134.

Dewi, H. R., Mayasari, T., Handhika, J., Dewi, H. R., Mayasari, T., Handhika, J. Pendidikan, P. (2019). Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts Through Application of Stem-Based Inquiry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 25–30.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75.

Hobri, S., Kristiana, A. I., Fatahillah, A., Waluyo, E., Alfarisi, R., Budi, H. S., & Helmi, M. I. (2022). Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34–41.

Ovan. (2022). Landasan Filsafat Matematika. Cahaya Harapan.

Putra, H. D., Akhidayat, A. M., & Setiany, E. P. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 9(1), 47–53.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 131–136.

Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bidang Datar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 20–35.

Saleem, T., & Aziz, S. (2017). Effect of Using Tangram Puzzles on the Achievement of Students in Geometry at Primary Level. In International Journal of Innovation in Teaching and Learning (IJITL).

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Susilastuti, V., & Permana, N. (2021). Efektivitas Media Tangram Berpetak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 4(1), 7–13.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran, Audio-Audio-Komputer-Internet-Interactive Video. Kata Pena.

Warayang, W. J., Ardi, B., & Huda, C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Tangram Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SDN Pandeanlamper 04 Materi Bangun Datar Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5335–5342.

Wulandari, A. N., & Mawardi. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pigur, 1(2), 10–17.

Wulandari, E., & Fitrianawati, M. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Kelas V pada Materi Geometri Berbasis Etnomatika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 73–82

Downloads

Published

2024-06-20