Penggunaan Media Tangram pada Materi Geometri Bidang Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15336Keywords:
berpikir kreatif, media tangram, geometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penggunaan media Tangram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cibodas 1 Cimahi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, mengutip penelitian terdahulu tentang media Tangram, serta hasil instrumen penilaian proyek individu. Proyek individu yang diberikan yaitu implementasi kemampuan kreatifitas geometris sesuai dengan konsep dasar dalam mengenal bentuk bangun datar. Hasil deskripsi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif memiliki 4 indikator yaitu kecepatan, keluwesan, keaslian, dan kemampuan mengolaborasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Tangram terhadap berpikir kreatif siswa pada materi bangun datar kelas IV SDN Cibodas 1 Cimahi dapat dikatakan efektif. Hal tersebut ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa yang mampu memenuhi keseluruhan dari 4 indikator dalam berpikir kreatif. Selain itu, siswa mampu menyelesaikan media Tangram dengan tepat dan cepat untuk menyusun potongan-potongan Tangram sehingga menjadi suatu objek yang diinginkan.
References
Badger, T. M., & Medina, E. V. (2015). Puzzles-based Learning of Mathematics in Engineering. Engineering Education, 8(1), 122–134.
Dewi, H. R., Mayasari, T., Handhika, J., Dewi, H. R., Mayasari, T., Handhika, J. Pendidikan, P. (2019). Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts Through Application of Stem-Based Inquiry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 25–30.
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75.
Hobri, S., Kristiana, A. I., Fatahillah, A., Waluyo, E., Alfarisi, R., Budi, H. S., & Helmi, M. I. (2022). Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34–41.
Ovan. (2022). Landasan Filsafat Matematika. Cahaya Harapan.
Putra, H. D., Akhidayat, A. M., & Setiany, E. P. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 9(1), 47–53.
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 131–136.
Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bidang Datar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 20–35.
Saleem, T., & Aziz, S. (2017). Effect of Using Tangram Puzzles on the Achievement of Students in Geometry at Primary Level. In International Journal of Innovation in Teaching and Learning (IJITL).
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.
Susilastuti, V., & Permana, N. (2021). Efektivitas Media Tangram Berpetak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 4(1), 7–13.
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran, Audio-Audio-Komputer-Internet-Interactive Video. Kata Pena.
Warayang, W. J., Ardi, B., & Huda, C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Tangram Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SDN Pandeanlamper 04 Materi Bangun Datar Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5335–5342.
Wulandari, A. N., & Mawardi. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pigur, 1(2), 10–17.
Wulandari, E., & Fitrianawati, M. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Kelas V pada Materi Geometri Berbasis Etnomatika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 73–82
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 adelia24 Kusuma Wardani, Harry Dwi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.