Kecemasan dan Kepercayaan Diri Matematika Hubungannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA

Authors

  • Aulia Khoirul Hanifah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Asih Miatun Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15367

Keywords:

kecemasan, kepercayaan diri, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini dilakukan bermaksud untuk melihat tingkat kecemasan dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa dalam hubunganya dengan matematika tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Populasi siswa di sebuah SMA Negeri wilayah Jakarta Timur kelas XI tahun pelajaran 2023–2024 merupakan populasi dari penelitian ini. Dengan menerapkan Cluster Random Sampling dan rumus Slovin, dihasilkan 172 siswa sebagai sampel. Instrumen pada penelitian ini ialah instrumen nontes guna mengukur faktor kecemasan matematika dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa, dan instrumen tes melalui soal-soal matematika guna mengukur tingkatan kemampuan berpikir kritis matematis. Uji Regresi Linier Berganda digunakan sebagai uji analisis data dengan perhitungan uji F dan uji T pada tingkat signifikan 5%. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 12,5% kemampuan berpikir kritis matematis disebabkan oleh kondisi kecemasan dan kepercayaan diri siswa, sedangkan kondisi lain pada siswa mempengaruhi 87,5%. Kemampuan siswa untuk berpikir kritis matematis berhubungan simultan dengan kecemasan matematika dan kepercayaan diri. Sebuah hubungan parsial ditemukan pada kepercayaan diri siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis, tetapi tidak ditemukan pada kecemasan matematika dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

References

Aini, H., Mubarokah, N. L., Yunita, M. M. M., Rahmawati, S., & Marhaeni, N. H. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 106–113.

Ambaranti, F., & Retnowati, E. (2019). Exploring mathematics anxiety among senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1), 1–7.

Anggraini, A. L., & Musyarofah, A. A. S. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa MTs Nurul Huda Mangaran dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 13.

Arpin, H., Mirza, A., & Astuti, D. (2015). Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–10.

Atmojo, B. T., & Ibrahim. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Self-Concept Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 125–145.

Çiftçi, K., & Yildiz, P. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: The meta-analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 683–694.

Facione. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. California Academia Press,.

Fifari, M. R. Al, & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan kebiasaan belajar matematika terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47–60.

Fitriyani, L., & Miatun, A. (2022). Efikasi Diri Dan Kecemasan Matematika Hubungannya Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 168–180.

Gazali, M. (2017). Pengaruh efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(1), 140–157.

Gusmawan, D. M., Priatna, N., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Analisa, 7(1), 66–75.

Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72.

Istiqomah, S. N., & Miatun, A. (2022). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: Smartphone addiction dan Self-efficacy Hubungannya dengan Kecemasan Matematika Siswa SMA. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 111–117.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of the Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169–179.

Mardiotmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.

Masruroh, A., & Nurfitriyanti, M. (2022). Pengaruh Kecemasan dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 103–110.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 239–246.

Mulyati, T. U., Maharani, A., Swadaya, U., & Jati, G. (2023). Analisis Kecemasan Matematis dalam Mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika. PRISMA, 12(1), 72–82.

Nurdin, A. N., Rusli, Sappaile, B. I., Hastuty, & R., S. M. M. (2022). Mathematical Critical Thinking Ability in Solving Mathematical Problems. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 136–143.

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121–136.

Rahayu, R., Bintoro, H. S., & Murti, A. C. (2022). the Effect of Self-Confidence on the Mathematical Thinking Ability of Junior High School Students. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3826–3833.

Rahma, N. A. (2022). The Influence of Mathematical Critical Thinking Skills Based on Students ’ Math Anxiety. 02(01), 23–41.

Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 130–141.

Sucahyo, E., Kartono, & Mulyono. (2021). Mathematical Understanding and Self Confidence of Elementary School with Realistic Mathematics Education Model. Journal of Primary Education, 10(3), 308–322.

Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 99–107.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 116–122.

Wedastuti, N. K., & Faradiba, S. S. (2023). Analysis of Student’s Mathematical Thinking in Solving HOTS Problems Viewed from Mathematics Anxiety. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(1), 33–40.

Wondo, M. T. S., & Meke, K. D. P. (2021). Analisis Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Bahan Manipulatif. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–21.

Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130.

Yuliani, A., Fitriani, N., Dahlan, J. A., & Sumarmo, U. (2020). Mathematical Critical Thinking Skill and Self Confidence According to Student’s Cognitive Stage. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 1–7.

Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Universitas Udayana, 2(2), 17–18.

Yuniarti, Y., Sripatmi, S., Azmi, S., & Turmuzi, M. (2023). The Effect of Self-Confidence and Mathematics Anxiety on Mathematical Communication Ability of Class IX Students of Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(4), 912–924.

Zahro, Y. A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Ujian Nasional. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 169–186.

Zamnah, L. N., Kartono, K., Rochmad, R., & Pujiastuti, E. (2021). Mathematical Anxiety in Mathematical Problem Solving : Literature Review. International Conference on Science, Education and Technology, 7, 988–992.

Downloads

Published

2024-06-28