Analisis Kemampuan Number Sense dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15376Keywords:
kemampuan number sense, self-efficacyAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana kemampuan number sense digunakan untuk menyelesaikan soal matematika berdasarkan tingkat self-efficacy. Penelitian kualitatif dengan metode eksploratif sebagai jenis penelitian yang dipergunakan. Penggunaan tes kemampuan number sense, angket self-efficacy, dan wawancara sebagai metode untuk mengumpulkan data. Terdapat 3 peserta didik dari kelas VII-B SMP Negeri 1 Cimaragas sebagai subjek penelitian dan mereka memiliki kemampuan untuk memenuhi semua indikator kemampuan number sense dari kategori tinggi, sedang dan rendah. Serta memiliki kemampuan dalam mengungkapkan gagasan atau ide secara verbal dan tertulis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) subjek kemampuan number sense dengan self-efficacy tinggi (S-15) menghasilkan jawaban yang benar tanpa mengalami kesulitan, (2) subjek kemampuan number sense dengan self-efficacy sedang (S-10) menghasilkan jawaban yang belum tepat, pada indikator counting, dan (3) subjek kemampuan number sense dengan self-efficacy rendah (S-9) menghasilkan jawaban yang belum tepat pada indikator counting serta pada indikator representing menyajikan hasil jawaban tanpa menyertakan kesimpulan jawaban.
References
Amin, I. Al, Jamiah, Y., & Hamdani. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Number Sense pada Materi Bilangan di SMP Negeri 8 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 1–11.
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27.
Fiore, M., & Tackaberry, R. (2018). Making Sense of Number, K-10. Pembroke, Canada.
Gilar Jatisunda, M. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 25–26.
Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.
Hastuti, M., & Setyaningrum, W. (2023). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa SMP dalam Meyelesaikan Soal Numerasi Model AKM Berbasis Penalaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2363–2377.
Hidayah, R. W., & Sholihah, U. (2023). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Materi Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 24–34.
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. . M. (2021). Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. 4(July), 843–856.
Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55.
Maghfirah, M., & Mahmudi, A. (2018). Number Sense: The result of mathematical experience. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 2–9.
Novanda, B. F. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI IPA dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(2), 8–17.
Noviza, T., Hartoyo, A., & Yani, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-efficacy dalam Materi Geometri Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 2–8.
Nugraha, Y. (2018). Kemampuan Number Sense Mahasiswa Jurusan PGMI. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(1), 24–25.
Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284.
Nurdinia, Y. Q. (2021). Kemampuan number sense siswa Madrasah Tsanawiyah negeri Kota Batu dalam menyelesaikan soal pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Universitas Islam Negeri Maulana.
Pilmer. (2008). Number Sense. Departement of Labour and Advanced Education.
Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154.
Puspaningstyas, D., Dewi, P. S., & Maskar, S. (2021). Penerapan Metode Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. 10(4), 2330–2341.
Ramlan, A. M., Hermayani, H., & Jahring, J. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2188.
Revita, N. (2019). Hubungan Self-efficacy (Efikasi Diri) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 1 Tanah Putih. Universitas Islam Riau.
Rozimah, S. (2020). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Universitas UIN Mataram.
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan Berfikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 3.
Widyasari, N., Safitri, N. S., Dindiany, Y., Iswan, I., Yuliana, & Sari, I. (2021). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas Rendah. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 64–70.
Wulandari, W., Putra, Z. H., Alpusari, M., Dahnilsyah, D., & Tjoe, H. (2022). Developing Dynamic Number Card Game of Number Sense for First Grade Students. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2), 186–187.
Yurniwati, & Handayani, R. (2019). Pengaruh Metode Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Matematis Ditinjau dari Konsep Diri pada Siswa SD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinar Nur Alfiyyah, Depi Setialesmana, Ratna Rustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.