Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal Berbasis AKM ditinjau dari Resiliensi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15380Keywords:
penalaran matematis, resiliensi matematisAbstract
Kemampuan penalaran merupakan kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh setiap peserta didik dalam mempelajari matematika. Kemampuan penalaran matematis menjadi salah satu level kognitif yang diukur dalam asesmen kompetensi minimum. Soal asesmen kompetensi minimum biasanya berbentuk kontekstual dan non rutin sehingga untuk dapat menyelesaikannya membutuhkan kemampuan bernalar yang baik. Soal bentuk penalaran seringkali dianggap sulit oleh peserta didik. Tidak sedikit peserta didik merasa putus asa ketika menghadapi soal matematika yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan penalaran matematis dari setiap tingkat resiliensi matematis yang dimiliki peserta didik dalam mengerjakan soal berbasis asesmen kompetensi minimum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 6 peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 8 Tasikmalaya yang dipilih dari 27 peserta didik berdasarkan tingkat resiliensi matematis yang dimilikinya. Data diperoleh melalui pengisian angket, soal tes, dan wawancara. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik dengan kategori resiliensi matematis tinggi memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis, (2) peserta didik dengan kategori resiliensi matematis sedang hanya memenuhi beberapa indikator kemampuan penalaran matematis, dan (3) peserta didik dengan kategori resiliensi matematis rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan penalaran matematis.
References
Al Ghifari, S. S., Juandi, D., & Usdiyana, D. (2022). Systematic Literature Review: Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2025–2039.
Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253–262.
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2).
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110.
Chusna, C. A., Rochmad, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Mathematical Resilience Siswa pada Pembelajaran Team Assisted Individualization dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(1), 157–162.
Purwati, F. M. (2022). Analisa Resiliensi Matematik Siswa SMP pada Materi SPLDV di SMP Negeri 4 Sumbang. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 4(2), 111–118.
Harahap, I. H., Manurung, A. A., Muslim, U., Al, N., Muhamamdiyah, U., & Utara, S. (2022). Analisis Pengaruh Resilensi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa DI MTs Ruhul Islam Sialambue. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 94–97.
Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (Cetakan 1). Refika Aditama.
Himawan, M. A. D., & Noer, S. H. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2424–2435.
Inayah, F., & Agoestanto, A. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa Kelas X di SMAN 1 Dukupuntang pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah, 9(2), 151–162.
Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 1–125.
Kusumaningtyas, N., Parta, I. N., & Susanto, H. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 107–119.
Lesmana, N. W., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan. Didactical Mathematics, 4(1), 119–126.
Marasabessy, R. (2021). Study of Mathematical Reasoning Ability for Mathematics Learning in School. Indonesian Journal of Teaching in Science, 1(2), 79–90.
Marian, F. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi Himpunan. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 4(1), 13–22.
Mukuka, A., Balimuttajjo, S., & Mutarutinya, V. (2023). Teacher Efforts Towards tThe Development of Students’ Mathematical Reasoning Skills. Heliyon, 9(4), 1–10.
Nisa, M. K., & Muis, T. (2016). Study Tentang Daya Tangguh (Resiliensi) Anak di Panti Asuhan Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 6(3).
Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1943–1954.
OECD. (2023). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework.
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.
Rahmawati, C.-, & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemamampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 147.
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62.
Rustanuarsi, R. (2023). Resiliensi Matematis Mahasiswa Tadris Matematika pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 587–595.
Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39.
Wulandari, A., A, H., & Zen, W. L. (2021). Perilaku Menyontek di Kalangan Peserta Didik di SMPN 3 Koto XI Tarusan. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(1), 14–22.
Zahro, K. Z., & Sulaiman, R. (2022). Profil Penalaran Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal AKM Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 72–83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raeynisa Nur Afifah, Hetty Patmawati, Sinta Verawati Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.