Systematic Literature Review: Analisis Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Kemampuan Matematis Siswa

Authors

  • Saidah Nabila Wardah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Didi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15395

Keywords:

kemampuan matematis, tipe kepribadian, SLR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data literatur terkait tipe kepribadian extrovert dan introvert terhadap kemampuan matematis siswa. Dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) pendekatan kualitatif terdiri dari 27 sampel hasil penelitian. Penelitian diambil dari jurnal yang terindeks Sinta dan Garuda di seluruh Indonesia dan diterbitkan pada tahun 2020–2024. Dalam mengumpulkan data, setiap artikel yang membahas mengenai tipe kepribadian extrovert dan introvert terhadap kemampuan matematis siswa diteliti berdasarkan tahun penelitian, jenjang pendidikan, indeks jurnal, ukuran sampel, jenis penelitian, dan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, pada lima tahun terakhir, artikel yang membahas mengenai tipe kepribadian extrovert dan introvert terhadap kemampuan penalaran matematis yang paling mendominasi. Sebaliknya, para peneliti cenderung kurang memprioritaskan penelitian yang berkaitan dengan kemampuan koneksi matematis. Mayoritas peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif pada jenjang pendidikan SMP. Sebagian besar sampel penelitian memiliki jumlah sampel kurang dari 30 serta sebagian besar artikel penelitian yang dikaji telah menerima akreditasi Sinta 3. Dari seluruh artikel penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan hasil penelitian dari setiap indikator kemampuan matematis siswa. Kami berharap penelitian selanjutnya akan melakukan penelitian tentang kemampuan matematis kembali untuk pengembangan dalam pembelajaran matematika terutama indikator kemampuan koneksi matematis siswa.

References

Adila, H. I., Iriani, D., & Falani, I. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 200–211.

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403.

Awaludin, A. A. R., Selvia, N., & Andrari, F. R. (2021). Mathematical Representation of Students in Solving Mathematic Problems Reviewed from Extrovert-Introvert Personality. International Journal of Elementary Education, 5(2), 323–329.

Aziz, A. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Tipe Kepribadian pada Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian Eksperimen Faktorial di MTs Matholi’ul Huda Gebog Kudus). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo.

Bustamin, B., & Nafisah, S. (2022). Implementasi Sistem Pakar dalam Klasifikasi Kepribadian Menggunakan Metode Forward Chaining. Journal of Computer and Information System (J-CIS), 5(2), 26–35.

Chatminingtyas, N. A., Setyawati, R. D., & Kusumaningsih, W. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dan Komunikasi Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(4), 265–275.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th Edition ed.). In Public Administration. California: Sage Publishing.

Damanik, Y. T., & Simanullang, M. C. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Berdasarkan Kepribadian Ektrovert dan Introvert yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. MES : Journal of Mathematics Education and Science, 9(1), 101–111.

Faridhatijannah, E., Untu, Z., & Fendiyanto, P. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325–330.

Fitriana, N., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Wallas dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-introvert. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–8.

Hatadi, H., & Kamarudin, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematika Kelas XI SMA Tahfidz Al-Amien Prenduan dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. JIPM, 2(2), 89–97.

Hisyam, F. N., Sukoriyanto, S., & Sulandra, I. M. (2023). Penalaran Spasial Siswa SMP Pada Materi Geometri Bangun Ruang Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2990–3005.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Peluang | 18. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Keele University.

Kitchenham, B., & Brereton, P. (2009). Systematic literature reviews in software engineering - A systematic literature review’, Information and Software Technology. Elsevier B.V., 51(1), 7–15..

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA Statement for Reporting Systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions: explanation and elaboration. Journal of Clinical Epidemiology, 62(10), e1–e34.

Mahfudhoh, A. & Aini, N. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Introvert Dengan Menggunakan Ideal. EduMath Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(2), 33–40.

Manulang, L. S. J., Syahbana, A., Nasriah, N., & Ariadi, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Berpusat pada Siswa dan Media Inovatif dalam Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 25–37.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.

Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Blended Learning Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 111–118.

Putri, W. A., & Masriyah, M. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Segiempat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa, 9(2), 392–401.

Rohayati, A., Dahlan, J. A., & Nurjanah. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif Siswa SMA melalui Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 34–41.

Rumita, W. M., Kusumaningsih, W., & Zuhri, M. S. (2021). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 215–222.

Sari, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi SPLTV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. MATHEdunesa, 11(3), 938–947.

Satya, M. A., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta Didik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 211–221.

Ana, S. (2024). Pengaruh Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert terhadap Proses Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 3(1), 60–68.

Siregar, M. (2021). Pelaksanaan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Introvert di MTS Swasta Al-Wasliyah Tembung. Al Mursyid, 3(2), 58–69.

Siroj, M., Supriyono, S., & Yuzianah, D. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Introvert Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 101–107.

Siyoto, S. & S. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.

Srivatanakul, T. (2022). Emerging from The Pandemic: Instructor reflections and students’ perceptions on an introductory programming course in blended learning. Education and Information Technologies, 28, 1–23.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alphabeta.

Sundari, A., & Masri. (2021). Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 1–14.

Wanti, N., Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran Induktif pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56–69.

Wida Yanti, A., & Qodriyyah, M. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dengan Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Quellmalz. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(2), 81–89.

Wulandari, N. S., & Ekawati, R. (2023). Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PLSV ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. MATHEdunesa, 12(2), 434–449.

Yeubun, Z. S. I., Noornia, A., & Ambarwati, L. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Berdasarkan Kepribadian Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 1858–0629.

Yuzianah, D., Darmono, P. B., & Fatkhiyah, H. N. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi pada Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12.

Downloads

Published

2024-06-27