Etnomatematika dalam Pembuatan Tas Anyaman Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Nur Aini Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15427

Keywords:

tas anyaman, etnomatematika, konsep matematika

Abstract

Tas anyaman tali macrame merupakan bagian dari budaya global yang mencakup unsur etnomatematika dalam proses pembuatannya. Pendidikan dan budaya sangat terkait satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Konsep matematika yang diterapkan pada budaya disebut dengan etnomatematika. Pemahaman mengenai pembelajaran matematika sangat dipengaruhi oleh matematika yang bernuansa dengan budaya. Jenis tas yang dibuat dengan teknik anyaman membentuk struktur yang kuat dan fleksibel. Proses pembuatan tas anyaman melibatkan penggunaan tangan atau alat bantu untuk menyusun bahan-bahan dalam menentukan pola tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep-konsep matematika yang terlibat dalam proses pembuatan tas anyaman, serta untuk mengeksplorasi etnomatematika yang mungkin terkandung dalam proses tersebut dan relevansinya terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket dengan Ibu Prihartini. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Proses pembuatan tas anyaman meliputi konsep-konsep matematika seperti operasi bilangan, berhitung, pengukuran, geometri ruang, aritmatika sosial, dan barisan aritmatika. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar untuk meningkatkan referensi mengenai etnomatematika yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran dengan mengaitkan budaya ke dalam matematika.

References

Arent, E., Nasution, Thesalonika, E., Azis, F., Shofiyah, S., Jakob, J. C., Amzana, N., Trisnawati, S. N. I., Alam, S., Santoso, R., & Marlena, R. (2023). Perencanaan Pendidikan. CV. Tahta Media Group.

Deby, Y. S., & Yahfizham. (2023). Ethnomathematics-Based Mathematics Learning Activities in Labuhan Batu Pesisir Beach Malay Communities. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 580–589.

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika di Kabupaten Ende. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698–2709.

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Bentuk Anyaman Ende. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 61–67.

Febrianti, D., & Afri, L. D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Proses Pembuatan Tahu Desa Sayurmatinggi Kabupaten Simalungun Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1611–1622.

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 32–40.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Harahap, S. A., & Rakhmawati, F. (2022). Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tempe. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1291–1300.

Ibrahim, N. S. W. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(2), 35–40.

Ilmiyah, N. F., Annisa, A., Fitriyah, A., & Vebyanti, B. S. (2020). Analisis Motif Anyaman dan Aktivitas Fundamental Matematis dalam Seni Menganyam di Desa Plaosan Kabupaten Kediri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 92–104.

Khairunnisa, Salamah, S., & Ginting, B. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Balai Adat Melayu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 1–12.

Mahendra, M. Y., & Hasanah, R. U. (2023). Etnomatematika Terhadap Proses Pembuatan Kue Lapis Pelangi. Euclid, 10(2), 406–420.

Marlina, L., Somakim, S., & Aisyah, N. (2023). Etnomatematika pada Masjid Ki Muara Ogan Palembang dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika SD. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 11–20.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.

Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453.

Sewa, Y. R., Mei, A., & Bantas, M. G. D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Anyaman Tikar di Desa Rapowawo Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 43–50.

Sipahutar, W., & Reflina, R. (2023). Etnomatematika : Pengenalan Bangun Ruang Melalui Konteks Museum Negeri Sumatra Utara. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1604–1613.

Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190.

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413.

Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 210–218.

Downloads

Published

2024-06-17