Pengembangan E-Modul Geometri Menggunakan Konteks Bangunan Masjid

Authors

  • Muhammad Win Afgani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Retni Paradesa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • R. Evenda Ceria Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Septi Utari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15437

Keywords:

e-modul, geometri, bangunan masjid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul pada materi geomteri yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan konteks bangunan masjid. E-modul ini memuat audio visual yang dikemas dengan menarik menggunakan aplikasi Canva dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian ADDIE. Tahapan yang dilakukan yaitu Fase analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas IX, SMP Negeri di Palembang dan Bangka Belitung. Penelitian ini menghasilkan (1) E-modul dengan kriteria “Sangat Valid” dilihat dari aspek konten materi, desain dan kualitas teknik, (2) E-modul dengan kriteria “Sangat Praktis” dilihat dari aspek kejelasan, daya tarik, ketelitian, efektivitas, daya tarik implementasi, penerimaan pengguna dan daya terap, dan (3) E-modul yang mempunyai efek potensial dengan nilai rata-rata nilai 73,3 di tahap uji coba terbatas kategori “Sedang”, rata-rata nilai 79,96 di tahap kelompok kecil kategori “Sedang” dan rata-rata nilai 87,1  di tahap kelompok besar kategori “Tinggi” dilihat dari hasil jawaban peserta didik terhadap penilaian melalui 4 indikator kemampuan pemecahan masalah yakni memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali.

References

Agustina, R., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Perancangan E-Modul Materi Prisma dan Limas Menggunakan Konteks Islam Melayu. Proceeding Galuh National Mathematics Conference, 3(2), 286–292.

Agustini, P. N., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Perancangan E-Modul Materi Kubus dan Balok Menggunakan Konteks Islam Melayu. Proceedings Galuh National Mathematics Conference, 3(2), 261–266.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya

Ceria, R. E., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Canva Pada Materi Kubus dan Balok Dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Konteks Islam Melayu. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 5(2), 82–94.

Gustami, S. P. (2008). Nukilan seni ornamen Indonesia. Arindo Nusa Media.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127–134.

Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). Sigil: Pengembangan e-modul berbasis realistik pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91–98.

Jedaus, M. D., Farida, N., & Suwanti, V. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Perbandingan Tahapan Polya. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2. Universitas Kanjuruhan Malang.

Kilicman, A., Hassan, M. A., & Husain, S. K. S. (2010). Teaching and learning using mathematics software “The New Challenge.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 613–619.

Kurniawan, M. A. F., Yunianta, T. N. H., & Kriswandani, K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF dan Canva pada Materi Transformasi Geometri. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 166–181.

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas e-modul matematika berbasis EPUB3 menggunakan analisis rasch model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Presindo.

Sutrisno, S. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia.

Wafiqoh, R., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). LKS Berbasis Model Eliciting Activities untuk Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39–55.

Downloads

Published

2024-06-26