Pengembangan E-Modul Geometri Menggunakan Konteks Bangunan Masjid
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15437Keywords:
e-modul, geometri, bangunan masjidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul pada materi geomteri yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan konteks bangunan masjid. E-modul ini memuat audio visual yang dikemas dengan menarik menggunakan aplikasi Canva dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian ADDIE. Tahapan yang dilakukan yaitu Fase analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas IX, SMP Negeri di Palembang dan Bangka Belitung. Penelitian ini menghasilkan (1) E-modul dengan kriteria “Sangat Valid” dilihat dari aspek konten materi, desain dan kualitas teknik, (2) E-modul dengan kriteria “Sangat Praktis” dilihat dari aspek kejelasan, daya tarik, ketelitian, efektivitas, daya tarik implementasi, penerimaan pengguna dan daya terap, dan (3) E-modul yang mempunyai efek potensial dengan nilai rata-rata nilai 73,3 di tahap uji coba terbatas kategori “Sedang”, rata-rata nilai 79,96 di tahap kelompok kecil kategori “Sedang” dan rata-rata nilai 87,1 di tahap kelompok besar kategori “Tinggi” dilihat dari hasil jawaban peserta didik terhadap penilaian melalui 4 indikator kemampuan pemecahan masalah yakni memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali.
References
Agustina, R., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Perancangan E-Modul Materi Prisma dan Limas Menggunakan Konteks Islam Melayu. Proceeding Galuh National Mathematics Conference, 3(2), 286–292.
Agustini, P. N., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Perancangan E-Modul Materi Kubus dan Balok Menggunakan Konteks Islam Melayu. Proceedings Galuh National Mathematics Conference, 3(2), 261–266.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya
Ceria, R. E., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Canva Pada Materi Kubus dan Balok Dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Konteks Islam Melayu. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 5(2), 82–94.
Gustami, S. P. (2008). Nukilan seni ornamen Indonesia. Arindo Nusa Media.
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127–134.
Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). Sigil: Pengembangan e-modul berbasis realistik pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91–98.
Jedaus, M. D., Farida, N., & Suwanti, V. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Perbandingan Tahapan Polya. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2. Universitas Kanjuruhan Malang.
Kilicman, A., Hassan, M. A., & Husain, S. K. S. (2010). Teaching and learning using mathematics software “The New Challenge.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 613–619.
Kurniawan, M. A. F., Yunianta, T. N. H., & Kriswandani, K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF dan Canva pada Materi Transformasi Geometri. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 166–181.
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas e-modul matematika berbasis EPUB3 menggunakan analisis rasch model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Presindo.
Sutrisno, S. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia.
Wafiqoh, R., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). LKS Berbasis Model Eliciting Activities untuk Mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(1), 39–55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Win Afgani, Retni Paradesa, R. Evenda Ceria, Septi Utari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.