Hubungan Antara Emotional Intelligence dengan Kemampuan Literasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15577Keywords:
emotional intelligence, kemampuan literasi matematisAbstract
Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena melibatkan konsep abstrak dan kompleks, seperti teori, bilangan, dan rumus. Selain keterampilan berpikir kritis, keberhasilan dalam menyelesaikan masalah matematika juga memerlukan kecerdasan emosional untuk mengelola emosi, meningkatkan motivasi, dan menjaga stabilitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, sampel penelitian diambil secara acak sederhana sebanyak 34 siswa dari kelas VII H. Data diperoleh melalui angket kecerdasan emosional dan tes literasi matematis materi persamaan linear satu variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kecerdasan emosional maupun kemampuan literasi matematis siswa berada pada kategori sedang. Pengujian regresi linier sederhana mengungkapkan adanya hubungan linier positif antara kecerdasan emosional dan kemampuan literasi matematis, dengan kontribusi sebesar 49,2%. Temuan ini menunjukkan kecerdasan emosional merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
References
Astuti, I., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 34–45.
Awang, I. S., Merpirah, M., & Mulyadi, Y. B. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 41–50.
Goleman, D. (2021). Leadership: The power of emotional intelligence. More Than Sound LLC.
Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.
Harahap, S. K., & Sipahutar, H. (2017). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 361–366.
Harefa, S., Telaumbanua, Y. N., & Harefa, A. R. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Educatum: Jurnal Iimu Pendidikan, 2(1), 43–48.
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313.
Junardi, I. F., & Komariah. (2023). Konsep Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berlandaskan Teori Kognitif Jean Piaget. Journal on Education, 06(01), 2179–2187.
Juniansyah, J., Mariyam, M., & Buyung, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1167–1181.
Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2018). Literasi Matematis dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 165–174.
Nugroho, A. W., & Sudaryanto, B. (2013). Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang. Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–9.
Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2), 274–280.
OECD. (2023b). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework.
Salim, & Haidar. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15–26.
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 11–18.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.
Utami, N. A., Murtianto, Y. H., & Nizaruddin, N. (2020). Profil Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 274–285.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inaz Nova Amelia, Hetty Patmawati, Sinta Verawati Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.