Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer

Authors

  • Raihan Tri Rahmadiana Universitas Siliwangi
  • Ipah Muzdalipah Universitas Siliwangi
  • Depi Setialesmana Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15607

Keywords:

AKM, berpikir kreatif, gaya visualizer-verbalizer

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi dasar untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif yang diperlukan peserta didik. Penyelesaian soal AKM memerlukan strategi yang berkaitan dengan kreativitas yang dimiliki peserta didik yang muncul melalui suatu proses berpikir kreatif serta meliputi proses kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket gaya kognitif visualizer dan verbalizer, analisis hasil pengerjaan tes soal AKM, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII F SMP Negeri 8 Tasikmalaya yang berjumlah 28 orang dengan satu subjek yang diambil pada masing-masing gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan gaya kognitif visualizer pada tahap persiapan subjek membaca soal yang diberikan dan menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi subjek berhenti sejenak mengingat kembali materi yang pernah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pada lembar jawaban. Pada tahap verifikasi subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan. Subjek dengan gaya kognitif verbalizer pada tahap persiapan subjek membaca soal yang diberikan dan menuliskan informasi pada soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi subjek membaca soal secara berulang-ulang dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah pada soal. Pada tahap terakhir yaitu tahap verifikasi subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pada lembar jawaban.

References

Asrijanty. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Damayanti, H. T., & Sumardi. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students’ in Solving Open-Ended Problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 36–45.

Faradillah, A., & Maulida, A. (2022). Students’ Creative Thinking Ability Assisted Augmented Reality Based on Visualizer-Verbalizer Cognitive Style. Jurnal Elemen, 8(2), 659–674.

Fatri, F. F., Maison, M., & Syaiful, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 98–111.

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250.

Febriani, S., & Ratu, N. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–50.

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di pedesaan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148–160.

Hasan, B. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Ability with Visualizer-Verbalizer Cognitive style in Mathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 142–148.

Hastuti, M., & Setyaningrum, W. (2023). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Model AKM Berbasis Penalaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2363–2377.

Hidayat, F. W., & Ismail, I. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. MATHEdunesa, 11(3), 684–698.

Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koć-Januchta, M., Höffler, T., Thoma, G. B., Prechtl, H., & Leutner, D. (2017). Visualizers versus verbalizers: Effects of cognitive style on learning with texts and pictures–an eye-tracking study. ELSEVIER: Computers in Human Behavior, 68, 170–179.

Listiyana Putri, Y. D., , S., & Pratama, F. W. (2019). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Berdasarkan Teori Wallas. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 71-84

Miatun, A., & Nurafni, N. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflective dan Impulsive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 150–164.

Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167–178.

Nurjamil, D., Mumu, M., Apiati, V., & Heryani, N. (2023). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menurut David Campbell Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 1104–1117.

Nuryanti, A., Wahyudin, & Fatimah, A. T. (2023). Indikator Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Pada Artikel Jurnal Nasional. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC), 117–125.

Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226.

Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18–32.

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273.

Sintiya, A., Hasan, B., & Affaf, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Logaritma Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 57–74.

Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133.

Downloads

Published

2024-12-31