Pengaruh Ludo Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks Kelas XI SMA Muhammadiyah Pagar Alam
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15665Keywords:
ludo matematika, hasil belajarAbstract
Ludo Matematika adalah inovasi media pembelajaran berbasis permainan yang menggabungkan konsep matematika dengan elemen permainan tradisional, dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Ludo Matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks di kelas XI SMA Muhammadiyah Pagar Alam.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, melibatkan dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan Ludo Matematika dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,57 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,30. Uji t-test dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan Ludo Matematika terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matriks tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Ludo Matematika sebagai inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
References
Anggraeni, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Pediamatika, 1(01), 165–178.
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1–15.
Badiah, N., & Fatirul, A. N. (2020). Pengembangan Buku Matriks sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Kelas XI di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Jurnal Education and Development, 8(3), 349–355.
Fitria, S. D. N., Malawi, I., Maruti, E. S., & Ruvliana, V. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Game Mathquest (Mathematic Adventure Quest) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SDN 02 Gajah. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(7), 129–140.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 12(4), 1–18.
Marsella, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Efektivitas Alat Peraga dengan Media Audio Visual dan Alat Peraga Riil Terhadap Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA N 3 Klaten Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(5), 401–409.
Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Nasaruddin, N. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30.
Ningrum, K. S., Roshayanti, F., & Wuryandini, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Rejosari 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4371–4379.
Nisa, R. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 7(3), 2909–2919.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243–255.
Raharjo, I., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.
Sappaile, B. I., Mahmudah, L., Gugat, R. M. D., Farlina, B. F., Mubarok, A. S., & Mardikawati, B. (2024). Dampak Penggunaan Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 714–727.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137.
Wildaniati, Y. (2019). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu. Jurnal Dewantara, 7(01), 56–72.
Yulianti, F., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Pengembangan Media Ludo Math Game Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 207–218.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iqbal Dwi Stiadi Mahendra, Widiawati Widiawati, Helni Indrayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.