Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Soal Numerasi Ditinjau dari Self Confidence

Authors

  • Gina Sintya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Christina Kartika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.15854

Keywords:

berpikir kritis, numerasi, self confidence

Abstract

Kemampuan berpikir kritis berperan penting pada pembelajaran matematika bagi siswa dalam menyelesaikan dan memecahkan permasalahan matematika. Kemampuan berpikir kritis ialah keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam berbagai keadaan dan kemungkinan. Tujuan riset ini yakni guna menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal numerasi ditinjau dari self confidence. Riset ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek terdiri dari 6 siswa kelas VIII SMP Swasta di Surakarta dengan tingkat self confidence rendah, sedang, serta tinggi. Beberapa teknik yang dipergunakan pada pengumpulan data yakni tes berpikir kritis dan numerasi, angket self confidence, serta wawancara. Sementara itu, penelitian ini juga melibatkan beberapa teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil riset memperlihatkan bahwasannya: 1) siswa self confidence tinggi menguasai keseluruhan indikator berpikir kritis yakni interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, serta self regulation; 2) siswa self confidence sedang mampu menguasai 4 indikator seperti interpretation, analysis, evaluation, serta inference; 3) siswa self confidence rendah hanya mampu menguasai 1 indikator yakni interpretation.

References

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Kelistrikan dan Penerapannya dalam Kehidupan. Fisika, 10(1), 1–11.

Budiwiguna, B. S., Winarti, E. R., & Harnantyawati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 19 Semarang Kelas VIII Ditinjau dari Self-Regulation. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 311–319.

Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 1–28.

Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Self Confidence Siswa SMP terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa (N. F. Atif (ed.); 2nd ed.). Refika Aditama.

Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923.

Kholid, M. N., Hamida, P. S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2020). Students‘ Critical Thinking Depends on Their Cognitive Style. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1045–1049.

Nufus, H., Muhandaz, R., Hasanuddin, Nurdin, E., Ariawan, R., Fineldi, R. J., Hayati, I. R., & Situmorang, D. D. B. (2024). Analyzing the Students’ Mathematical Creative Thinking Ability in Terms of Self-Regulated Learning: How do we find what we are looking for? Heliyon, 10(3), e24871.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edumatica, 08(April), 58–66.

Nurmayani. (2020). The Analysis of Students ’ Mathematical Critical Thinking Ability through Discovery Learning Models. International Journal of Research and Review, 7(11), 233–241.

Octafiana, M., Misdalina, M., & Fitriasari, P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110–118.

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154.

Regier, P., & Savic, M. (2020). How Teaching to Foster Mathematical Creativity May Impact Student Self-Efficacy for Proving. Journal of Mathematical Behavior, 57(September 2018), 100720.

Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018). Pembelajaran dengan Model 4K. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1–13.

Runisah, F. G., & Ismunandar, D. (2020). The Relationship Between Self Regulated Learning and Mathematical Creative Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1).

Sa’dijah, C., Purnomo, H., Abdullah, A. H., Permadi, H., Anwar, L., Cahyowati, E. T. D., & Sa’diyah, M. (2023). Students’ Numeracy Skills in Solving Numeracy Tasks: Analysis of Students of Junior High Schools. AIP Conference Proceedings, 2569(May).

Sanjaya, A., Johar, R., Ikhsan, M., & Khairi, L. (2018). Students’ Thinking Process in Solving Mathematical Problems Based on the Levels of Mathematical Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1088.

Sari, C. K., Dwiyani, E., Machromah, I. U., Toyib, M., & Sari, D. N. V. (2022). Enhancing Students’ Critical Thinking by Integrating Contextual Problems Worksheets on Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 6(1), 109–115.

Sholihah, Imroatus. Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 1–16.

Umbara, H. D. A. D., & Priatna, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. Sigma, 8(1), 48–60.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508.

Downloads

Published

2024-12-31