Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa SMP

Authors

  • Fani Juliana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Pujia Siti Balkist Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16225

Keywords:

inkuiri, pendekatan realistik, computational thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan computational thinking dengan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan realistik terhadap siswa SMP. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sukabumi dengan jumlah 83 siswa. Terdapat tiga kelas dalam penelitian ini diantaranya kelas eksperimen I, II dan kelas kontrol. Teknis analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji Anava satu jalur melalui uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen tes kemampuan computational thinking siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan realistik lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan computational thinking siswa, sehingga hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan computational thinking siswa SMP setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan realistik.

References

Agustiani, N. (2022). Identification of High School Students’ Computational Thinking Skills in Solving Binomial Probability Problems. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2096.

Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 363–372.

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126.

Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model SSCS Kemampuan Berpikir Komputasional. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 1282–1296.

Bebras Indonesia. (2021). Pengumuman Hasil Bebras Indonesia Challenge 2020 – Situs Resmi Bebras Indonesia.

Budianto, B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 413–424.

Faot, M. M., & Amin, S. M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 4(2), 91–96.

Fitri, E. M., Elindra, R., & Siregar, R. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas XI SMA. MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 23–27.

Gadanidis, G., Cendros, R., Floyd, L., & Namukasa, I. (2017). Computational Thinking in Mathematics Teacher Education. Contemporary Issues in Technology & Teacher Education, 17(4), 458–477.

Guidry, K. R., Mouza, C., Pollock, L., & Pusecker, K. (2020). Computational thinking rubric. 1611959(1611959), 2. http://www.udel.edu/0010458

Hasanah, A., & Haryadi, H. (2022). Tinjauan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pendidikan Abad 21 dalam Menghadapi Era Society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 266–285.

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159.

Jumaisa, J. (2020). Model Pilihan Pembelajaran, Inquiry atau Expository?. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 339–348.

Kenedy, R., Amrina, Z., & Amalia, P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Junjung Sirih Kabupaten Solok. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 23(4), 1–16.

Kharomah, L., Fitri, A., & Cindarbumi, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Jurnal AXIOM, 2(2), 160.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, G., & Nisyah, M. (2019). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 150–155.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does Realistic Mathematics Education (Rme) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.

Lestari, S. P., & Rahmawati, I. (2023). Implementation of RME-based Student Worksheets on Plane Figure Area Material for Students of Phase B Elementary School. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 7(2), 161–169.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2019). How the Students Computational Thinking Ability on Algebraic?. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 419–423.

Pajow, M. A., Regar, V. E., & Maukar, M. G. (2024). Hubungan antara Kemampuan Computational thinking dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(June), 544–553.

Prahmana, R. C. I., Arnal-Palacián, M., Risdiyanti, I., & Ramadhani, R. (2023). Trivium Curriculum in Ethno-Rme Approach: An impactful insight from ethnomathematics and realistic mathematics education. Jurnal Elemen, 9(1), 298–316.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Silaban, P. J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107–126.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sulistiyo, M. A. S., & Wijaya, A. (2020). The Effectiveness of Inquiry-Based Learning on Computational Thinking Skills and Self-Efficacy of High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1).

Supatmiwati, D., Ismarmiaty, K., Hastuti, H., Syarifaturrahman, W. K., & Travelian, O. (2023). Pelatihan Computational Thinking pada Mata Pelajaran bagi Guru Madrasah Pondok Pesantren Selaparang Lombok Berbasis Kurikulum Merdeka Diah. Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 4(4), 855–864.

Supiarmo, M. G., Sholikin, N. W., Harmonika, S., & Gaffar, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa. Numeracy, 9(1), 1–13.

Tim Bebras. (2018). Tantangan Bebras 2018 Bahan Belajar Computational Thinking. http://bebras.or.id

Tsarava, K., Moeller, K., Pinkwart, N., Butz, M., Trautwein, U., & Ninaus, M. (2017). Training Computational Thinking: Game-based unplugged and plugged-in activities in primary school. Proceedings of the 11th European Conference on Games Based Learning, ECGBL 2017, October, 687–695.

Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining Computational Thinking for Mathematics and Science Classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127–147.

Wing, J. M. (2017). Computational Thinking's Influence on Research and Education for all. Journal of Educational Technology, 7–14.

Yadav, A., Mayfield, C., Zhou, N., Hambrusch, S., & Korb, J. T. (2014). Computational Thinking in Elementary and Secondary Teacher Education. ACM Transactions on Computing Education, 14(1).

Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58–67.

Downloads

Published

2024-12-31