Local Instruction Theory Pendidikan Matematika Realistik untuk Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Konteks Tarian Sumatera Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16733Keywords:
konteks tarian, barisan dan deret aritmatikaAbstract
Konteks digunakan sebagai starting point dalam pembuatan desain pembelajaran matematika. Melalui konteks tarian Sumatera Selatan, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran barisan dan deret aritmatika yang didasarkan pada pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan design research sebagai metode penelitian yang terdiri dari tiga tahap diantaranya preliminary, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan metode deskriptif. Terdapat 21 siswa kelas VIII SMP IT Miftahul Khoirot Pangkalpinang yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menghasilkan serangkaian proses pembelajaran yang terlihat dari tahapan pendekatan PMRI diantaranya level informal, siswa menemukan aturan melalui posisi penari; level preformal, siswa mulai menyusun dan menggambar kembali posisi penari sebagai model of yang dilanjutkan menemukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama sebagai model for; level formal, siswa mampu menyelesaiakan masalah kontekstual dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman pada level sebelumnya. Pada penelitian selanjutnya, dapat menggunakan jenis seni budaya sesuai masing-masing daerah dan menemukan konten matematika lainnya sebagai starting point yang cocok pada pembelajaran matematika.
References
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532.
Azizah, P., Maharani, S., & Suprapto, E. (2022). Kemampuan Generalisasi Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret berdasarkan Brain Dominance. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2425–2433.
Fredriksen, H. (2021). Exploring Realistic Mathematics Education in a Flipped Classroom Context at the Tertiary Level. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(2), 377–396.
Handayani, T., Hartatiana, H., & Muslimahayati, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160–168.
Henriksen, D., Richardson, C., & Mehta, R. (2017). Design thinking: A creative approach to educational problems of practice. Thinking Skills and Creativity, 26, 140–153.
Ifati, T. (2022). Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Secara Daring pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2), 137–147.
Indriani, H., Putri, R.I.I., & Darmawijo. (2018). Lintasan Belajar Barisan dan Deret Aritmatika dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Konteks Kain Songket Palembang. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Sumatera Barat.
Iyengar, M. K. (2015). Bharatanatyam and Mathematics: Teaching Geometry Through Dance. Journal of Fine and Studio Art, 5(2), 6–17.
Jannah, A. R., Setiawani, S., & Prihandini, R. M. (2023). Development of Articulate Storyline-Based Interactive Learning Media on Arithmetic Sequences and Series. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 110–128.
Jemamun, M. U., Blegur, I. K. S., & Dominikus, W. S. (2023). Etnomatematika pada Tarian Tradisional Nusantara dan Perannya dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Tadris Matematika "Integrasi Ethno-STEM and Techological Pedagogic Content Knowledge, 3, 529–542.
Kemendikbud. (2013). Pedoman Pemberian Bantuan Implementasi Kurikulum Tahun 2013.
Liu, A. (2020). Hipotesis Lintasan Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Maubeli Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 9–15.
Marande, G. M. S., & Adha Diana, H. (2022). Design Research : Pengembangan Lintasan Belajar dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 31.
Mariyana, F. A., Rosady, I. A., & Latifah, N. (2018). Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 98–107.
Maure, P. O., & Ningsi, G. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Mangarai Nusa Tenggara Timur. Posiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–347.
McCuthen. (2006). Teaching Dance as Art in Education. Human Kinetics.
Nur, R., Matsuhisa, N., Jiang, Z., Nayeem, M. O. G., Yokota, T., & Someya, T. (2018). A Highly Sensitive Capacitive-type Strain Sensor Using Wrinkled Ultrathin Gold Films. Nano Letters, 18(9), 5610–5617.
Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2019). Designing Jumping Task on Percent using PMRI and Collaborative Learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(1), 105.
Qolbi, G., Dewi, P. A., Sholiha, S., Pangestu, T. A., & Fu’adin, A. (2022). Analysis of Students’ Mathematical Understanding on Arithmetic Sequences and Series in 12th Grade Senior High School. Brillo Journal, 2(1), 13–21.
Radiusman, R., Wardani, K. S. K., Apsari, R. A., Nurmawanti, I., & Gunawan, G. (2021). Ethnomathematics in Balinese Traditional Dance: A Study of Angles in Hand Gestures. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 012074.
Rawani, D. (2023). Exploration of Mathematical Concepts in Creations Dance of South Sumatera. The 5th Sriwijaya University Learning and Education (SULE) INternational Conference, 3052, 200141–200148.
Rawani, D., & Dina Octaria. (2023). Pembelajaran Sudut melalui Tarian Kreasi Sumatera Selatan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10.
Rawani, D., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Susanti, E. (2023). RME-based Local Instructional Theory for Translation and Reflection Using of South Sumatra Dance Context. Journal on Mathematics Education, 14(3), 545–562.
Rhodes, A. M. (2006). Dance in Interdisciplinary Teaching and Learning. Journal of Dance Education, 6(2), 48–56.
Sari, A. F., & Noviartati, K. (2022). Penggunaan Konteks dalam Implementasi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia oleh Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 84–92.
Sari, A. N., Subanji, S., & Sisworo, S. (2021). Analisis Interaksi Siswa pada Aktivitas Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2636–2651.
Sukirwan, S., Fitri, P. R., & Warsito, W. (2022). Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 79–97.
Suparman, Juandi, D., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Heterogenitas Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Jenjang Pendidikan: Sebuah Meta-Analisis. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 126–143.
Tihuri, M. P. P., Hartono, Y., & Lusiana. (2018). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Azharyah Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 10–19.
Van den Akker, J., Gravemeijer, K., Mckenny, M., & Nieveen, N. (2006). Design Research From a Learning Design Perspective Educational Design Research Edited by : Jan van den Akker, Susan McKenney. Educational Design Research, January, 45–85.
Warsito, W., Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2020). Peranan Pembelajaran Matematika Realistik Melalui Matematisasi Progresif Terhadap Pencapaian Representasi Matematis Siswa SMP. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 132–141.
Wijaya, A., Elmaini, E., & Doorman, M. (2021). A Learning Trajectory for Probability: A Case of Game-Based Learning. Journal on Mathematics Education, 12(1), 1–16.
Yilmaz, R. (2020). Prospective Mathematics Teachers’ Cognitive Competencies on Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 11(1), 17–44.
Zulkardi, Z., & Putri, R. I. I. (2020). Supporting Mathematics Teachers to Develop Jumping Task Using PISA Framework (JUMPISA). Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Rawani, Wartini Wartini, Delia Septimiranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.