Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Scaffolding Puzzle Pecahan dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16770Abstract
Maksud dilakukannya studi ini adalah untuk memahami model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan scaffolding puzzle pecahan ini berhasil terhadap penguasaan pada kompetensi pemecahan masalah matematika. Mengenai subjek saat dilakukannya studi ini memiliki kuantitas sebanyak 30 orang. Metode yang dipakai pada saat mengumpulkan data dalam studi ini adalah menggunakan metode observasi dan tes hasil kemampuan pemecahan masalah. Hasil studi membuktikan bahwa pelaksanaan model CPS dengan scaffolding puzzle pecahan efektif dalam mempengaruhi ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal murid dengan KKM 70 yakni dengan rata-rata 84,67 dengan presentase 90%. Pengimplementasian model CPS dengan scaffolding puzzle pecahan efektif dalam meningkatkan hasil posttest anak didik pada kelas percobaan dengan rerata 84,80, dan efektif dalam mempengaruhi ketuntasan klasikal dengan KKM 70% yakni sebesar 90%. Kelas yang diberi perlakuan menggunakan model CPS dengan pemberian scaffolding puzzle pecahan memiliki nilai hasil akhir yang lebih tinggi dari kelas yang tidak diberi perlakuan yaitu memiliki presentase sebesar 90%. Hasil studi yang dilaksanakan memberikan fakta bahwa model pembelajaran CPS dengan scaffolding puzzle pecahan efektif berhasil dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
References
Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA. Mimbar PSGD Undiksha, 7(2), 91–98.
Faoziyah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa”. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Fenny, R., & Suryani, D. D. (2023). Pengaruh Model PBL Menggunakan LKPD Berbantuan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IIA. 09.
Sari, F. B., Amini, R., Mudjiran. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu,. 4(1), 3(2), 524–532.
Jayanti, N. G. A. M., Dantes, N., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Di Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Pelajaran 2018/2019 N.G.A.M.A. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 104–115.
Kusuma, D., & Kartono, Z. (2019). Unnes Journal of Mathematics Education Research Creative Thinking Ability based on Students’ Metacognition in Creative Problem Solving Learning Model With Recitation and Self-Assessment in Ethnomatematics. Ujmer, 8(1), 25–34.
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168.
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), 267.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Apriliana, R., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Dilihat dari Kemampuan Menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang. Inventa, 5(1), 83–88.
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439.
Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017, 245–252.
Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 8(2), 182–190.
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66–81.
Widodo, S., & Kartikasari. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Model Creative Problem Solving (CPS). Prisma, 6(1), 57–65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahra Nidaa Azalia, Dani Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.