Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva untuk Menstimulus Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16841Keywords:
video animasi, Canva, komunikasi matematisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video animasi berbasis Canva yang dirancang untuk menstimulus kemampuan komunikasi matematis siswa. Media video animasi ini diharapkan untuk memudahkan pengajaran matematika pada siswa Sekolah Dasar serta dapat menstimulus kemampuan komunikasi matematis melalui media video animasi yang dibuat berdasarkan model pengembangan ADDIE. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang dibagikan pada subjek uji dan menjadi acuan untuk pengembangan media sesuai tahapan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli, ahli materi memperoleh skor rata-rata 80 (valid), dan ahli media memperoleh skor rata-rata 92 (sangat valid). Media video animasi juga memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa, dengan skor rata-rata 89,24% dari skor maksimum 100. Selain itu, media video animasi yang dikembangkan terbukti efektif. Hal ini terlihat dari perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest, skor rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata pretest, menunjukkan adanya peningkatan dalam kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Canva valid, praktis dan efektif sehingga dapat dinyatakan layak digunakan.
References
Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Akhmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Flash dan Moodle. Jurnal Gantang, II(1), 27–40.
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.
Astuti, D. A., Muslimin, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192.
Dasar, D. I. S. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 2 April 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Development of Cartoon Animation Video-Based Learning Media in Elementary School Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sek. Jurnal Pendidikan, 11(April), 316–326.
Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134.
Lestari, R., Habibi, & Bastari, S. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102.
Novari, K. M., Putri, M. I., & Lestari, R. (n.d.). Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin. Universitas Muhammadiyah Tangerang, 4, 2022.
Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio bagi Guru-Guru SDN Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182.
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rosmayanti, D., & Zanthy, L. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 401.
Febiani, S., Firma, & Lestari, R. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning Berbasis Teknologi untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 56–60.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: IKAPI.
Syahputri, N. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama, 2(1), 89–95.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79.
Triningsih, K. D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reza Lestari, Tri Rohani, Syaiful Bastari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.