Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMP pada Pembelajaran Materi Prisma
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16908Keywords:
kecemasan matematika, siswa SMP, prismaAbstract
Penelitian ini menggambarkan kecemasan matematika siswa SMP ketika mempelajari materi prisma. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif yang dilakukan di tiga sekolah: SMP Negeri 31 Palembang, SMP Muhammadiyah 3 Palembang, dan SMP Thawalib Sriwijaya Palembang. Sampel terdiri dari 109 siswa dari kelas terpilih di ketiga sekolah tersebut. Penelitian berlangsung pada Februari 2024 hingga Juni 2024. Data diperoleh melalui pengisian angket kecemasan matematika oleh siswa dari ketiga SMP tersebut. Data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Angketnya berisi 30 butir pernyataan yang menggambarkan setiap indikator kecemasan matematika siswa pada pembelajaran materi prisma. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan matematika 109 siswa SMP dalam mempelajari materi prisma termasuk dalam kategori sedang dan mendekati tinggi. Level sekolah tidak terlalu berpengaruh terhadap perbedaan tingkat kecemasan matematika siswa. Kecemasan matematika untuk kelompok siswa laki-laki termasuk kategori sedang, dan kelompok siswa perempuan termasuk kategori tinggi. Kecemasan matematika 109 siswa pada materi prisma untuk indikator kognitif (berpikir) tergolong sedang, untuk indikator afektif (sikap) tergolong tinggi, dan untuk indikator fisiologis (reaksi fisik) tergolong tinggi. Kecemasan matematika siswa laki-laki dan perempuan pada materi prisma jika ditinjau dari indikatornya mempunyai kecenderungan yang sama. Penelitian ini mengungkap bahwa sebagian besar siswa cenderung bersikap cemas terhadap pembelajaran materi prisma, meskipun secara aspek kognitif mereka sebenarnya masih mampu mengikutinya.
References
Aisah, L.S., Kusnandi, Yulianti, K. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP. MATHLINE : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22.
Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181–185.
Azizah, L. N. (2021). Guided Inquiry dengan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Mengurangi Kecemasan Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(1), 22–31.
Daradjat, Z. (2001). Kesehatan Mental. Gunung Agung.
Fauzi, T. & Sari, S. P. (2018). Kemampuan Mengendalikan Emosi pada Siswa dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Online Universitas PGRI Palembang, 1–10.
Gusman, F. J., Pramudya, I., & Riyadi. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Prisma. AdMathEduSt, 10(2), 50–58.
Habibi & Suparman. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64.
Hembree, R. (1990). The Nature, Effects, and Relief of Mathematics Anxiety. Journal for Research in Mathematics Education, 21(1), 33–46.
Himmi, Z. (2023). Analisis Kecemasan Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMA Negeri 1 Seulimeum. UIN Ar-Raniry.
Putri, E., Arjudin, Azmi, S., & Sripatmi. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390–1398.
Richardson, F. C. & Suinn, R. M. (1972). The Mathematics Anxiety Rating Scale: Psychometric Data. Journal of Counseling Psychology, 19(6), 551–554.
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety and How to Reduce it). PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75–84.
Saripah, R. S., & Fitrianna, A. Y. (2021). Analisis Kesulitan Siswa MTs pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1489–1496.
Satriyani. (2016) Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Schar, M. H., & Kirk, E. P. (2001). The Relationships Among Working Memory, Math Anxiety, and Performance. Journal of Experimental Psychology: General, 130(2), 224–237.
Suárez-Pellicioni, Macarena; Núñez-Peña, María Isabel; Colomé, Àngels (2016). Math Anxiety: A Review of Its Cognitive Consequences, Psychophysiological Correlates, and Brain Bases. Cognitive, Affective, & Behavioral Neuroscience, 16(1), 3–22.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo.
Suryati, Syahbana, A. & Rizta, A. (2024). Angket Kecemasan Matematika Siswa SMP pada Materi Prisma. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(1), 11–21.
Trujillo, K. & Hadfield, O. D., (1999). Tracing the Roots of Mathematics Anxiety Through in-depth Interviews with Preservice Elementary Teachers. College Student Journal, 33(2), 219–232.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ali Syahbana, Amrina Rizta, Suryati Suryati, Nyimas Inda Kusumawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.