Pengembangan E-book Kalkulus Integral Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Corporate
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16913Keywords:
kalkulus integral, PjBL, Flip Pdf CorporateAbstract
Project based learning (PjBL) pada mata kuliah kalkulus integral dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, namun model PjBL masih jarang digunakan dalam kelas, salah satu faktornya adalah kurangnya referensi buku yang bisa digunakan oleh mahasiswa dan dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book kalkulus integral berbasis PjBL berbantuan flip PDF Corporate yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif agar dosen dapat mengakses e-book secara online. Subjek penelitian yaitu 22 mahasiswa semester 3 pendidikan matematika. Instrumen yang digunakan untuk menilai efektivitas e-book yaitu nilai hasil proyek mahasiswa, instrumen yang digunakan untuk menilai keabsahan e-book menggunakan lembar validasi ahli, sedangkan angkat kepraktisan untuk menilai kepraktisan e-book yang dikembangkan. Penelitian menggunakan metode penelitian R&D dengan model 4D. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa: 1) e-book kalkulus integral memenuhi kriteria valid dengan nilai validitas 81,57%; 2) nilai kepraktisan sebesar 82,45% yang menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan masuk kategori sangat praktis; dan 3) ketuntasan nilai mahasiswa dalam menyelesaikan proyek sebesar 80,59% yang menunjukan bahwa e-book yang dikembangkan masuk kategori efektif sehingga mahasiswa dapat menggunakan e-book dalam menyelesaikan proyek dengan sangat baik. Sehingga e-book kalkulus integral berbasis PjBL berbantuan flip PDF Corporate yang dibuat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
References
Afwa, C. N., Astuti, E. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Pjbl Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 78–89.
Bahrilin, V., Luthfiana, M., & Efuansyah, E. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuklinggau. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 94–103.
Chandra, F. E., & Afandi, A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Terintegrasi Kearifan Budaya Lokal Ternate. Histogram: JurnalPendidikanMatematika, 5(2), 93–105.
Chandra, F. E., Rahman, S., Sari, D. P., & Monalisa, L. A. (2023). Pengembangan Perangkat Case Based Learning (CBL) dengan Konteks Makanan Khas Ternate Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3644.
Fajriati, A. S., & Mardiyana, M. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA-Like Ditinjau dari Gaya Berfikir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2785.
Hakim, L. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 198–207.
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359.
Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154.
Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono, M. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi Dalam Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.
Lianti, L., Harun, L., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 180–190.
Marizal, Y., & Asri, Y. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 135–152. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.343
Miller, E. C., & Krajcik, J. S. (2019). Promoting Deep Learning through Project-Based Learning: A Design Problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–10.
Muwaffaqoh, D., Kirana, T., & Rachmadiarti, F. (2021). The Development of E-Book Based on Project Based Learning on the Plant Anatomy Structure Material. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(4), 416–431.
Nurhasanah, F. I., & Firdaus, E. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Metode PJBL Kurikulum Merdeka SMA. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 943–952.
Purwanto, Y., & Khoiri, S. (2016). Studi Agama &Amp; Etika Islam dan Keberagamaan Mahasiswa “Z” Generation: Kajian di Lingkungan Kampus ITB Bandung. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(2), 423.
Sagala, P. N., & Widyastuti, E. (2021). Development of Junior High School Mathematics E-Book and Student Project Sheet Based on Integrated Merdeka Belajar Project Based Learning. International Journal of Educational Research &Amp; Social Sciences, 2(6), 1490–1500.
Seemiller, C., & Clayton, J. (2019). Developing the Strengths of Generation Z College Students. Journal of College and Character, 20(3), 268–275.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). PT Alfabet.
Wahyudi, D. A., Fauzi, M. A., & Ahyaningsih, F. (2024). The Development of E-Book Using Flip Pdf Pro Through Missouri Mathematics Project Model to Improve Metacognition Abilities and Mathematical Self-Efficacy of Dharma Pancasila Medan High School Students. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 345.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325.
Yudianto, R. R. (2023). Pengembangan e-Book Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Universitas Negeri Padang.
Yusnimar, Y. (2014). E-book dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Al-Maktabah, 13(1), 34–49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurma Angkotasan, Winda Syam Tonra, Musftafa A H Ruhama, Dahlan Wahyudi, Wilda Syam Tonra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.