Pembelajaran Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Project Based Learning untuk Melihat Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.17047Keywords:
Project Based Learning, perbandingan trigonometriAbstract
Trigonometri adalah salah satu materi matematika yang erat kaitannya dengan permasalahan sehari-hari, seperti mengukur tinggi bangunan atau menara menggunakan perbandingan trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran perbandingan trigonometri menggunakan model Project-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pagar Alam Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan sampel terdiri atas 30 siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan 30 siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi, dengan analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata masing-masing 77 dan 60. Analisis uji t-test menunjukkan bahwa model PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Perbandingan Trigonometri.
References
Aliyah, A. A., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi PerkalianSsiswa Kelas II Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 921–928.
Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399.
Ayumsari, R. (2022). Peran Dokumentasi Informasi Terhadap Keberlangsungan Kegiatan Organisasi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6, 63–78.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student’s Creativity in Physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 167–179.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, Y. (2018). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School through STEM Education Project-based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65.
Nopiani, I., & Julianingsih, D. (2023). Perbandingan Pembelajaran Dengan Menggunakan Pbl (Problem Based Learning) Dan Pjbl (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(1), 1–12.
Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122.
Palayukan, H. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-siku Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47–60.
Raini, G. K. (2021). Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 58–65.
Ridhahani. (2020). Metodologi Penelitian Dasar. Journal of Experimental Psychology: General (Vol. 136, Issue 1).
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440.
Sastra, G. N. A. (2018). Pengembangan Konstruksi dan Validasi Tes Konsep Dasar Matematika. Journal of Education Technology, 2, 40–44.
Sitiana, E., & Rezeki, S. (2020). Problem-Based Learning pada Materi Koordinat Kartesius: Suatu Tindakan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Lesung. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 45–50.
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf kesukaran, Validitas butir tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. JURNAL MANAJEMEN & PENDIDIKAN ISLAM, 2, 192–213.
Walidah & Achmad, S. S. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Journal UJMES, 07(02), 105–115.
Wati, V. H., & Dhewy, R. C. (2022). Project-Based Learning Model on Trigonometric Ratios Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Perbandingan Trigonometri. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(2), 180–192.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Ikhsan Mukles, Widiawati Widiawati, Neni Lismareni, Diah Putri Islamy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.