Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Kelas VII Menggunakan Soal Tipe PISA

Authors

  • Vera Yuliana Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.17231

Keywords:

PISA, literasi matematis, operasi hitung

Abstract

Kemampuan literasi matematis ialah kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam situasi nyata yang sangat penting dalam permasalahan kontekstual. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada siswa kelas VII SMP Negeri 61 Palembang. Penelitian ini dengan jenis deskriptif kualitatif  yang melibatkan 30 orang siswa dengan fokus pada tiga orang siswa yang  berkemampuan tinggi, sedang dan rendaah. Tes dan wawancara merupakan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil analisis persentase tiap indikator dalam penelitian ini yakni, indikator formulate sebesar 22,22% dikategorikan kurang. Indikator employ dengan persentase 55,56% dikategorikan sedang dan  indikator interprete dengan persentase sebesar 40,44% dikategorikan sedang. Sedangkan rata-rata keselurahan dari ketiga indikator tersebut sebesar 40,74% dikategorikan sedang dengan indikator yang paling banyak muncul pada indikator kedua yaitu employ.

References

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972

Guntur, M., & Robyyani, L. (2021). Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.58660/periskop.v2i2.20

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Maharani, L., Indra Putri, R. I., & Hartono, Y. (2019). Aquatic in Asian games: Context of pisa-like mathematics problem. Journal on Mathematics Education, 10(3), 459–470. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.5252.459-470

Muzaki, A., & Masjudin. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595

Nanda, V. D., & Wandini, R. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Counting Box Dalam Mengatasi Kesulitan Memahami Konsep Operasi Hitung Perkalian Matematika Kelas Rendah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2977–2986.

Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2020). Designing PISA-like mathematics problem in covid-19 pandemic (PISAComat). Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012057

OCDE. (2024). PISA 2022 Result The State of Learning and Equity in Education Volume I. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Nomor 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

OECD. (2022a). KERANGKA MATEMATIKA PISA 2022. https://pisa2022-maths.oecd.org/ca/index.html

OECD. (2022b). PISA 2022 Mathematics Framework (Draft). OECD. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf

OECD. (2022c). PISA 2022 Result (Volume II). OECDiLibrary. https://www.oecd-ilibrary.org/sites/a97db61c-en/index.html?itemId=/content/publication/a97db61c-en

Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(2), 78–92.

Rodhi. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 167–177. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948

Downloads

Published

2024-12-18