Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Kelas VII Menggunakan Soal Tipe PISA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.17231Keywords:
PISA, literasi matematis, operasi hitungAbstract
Kemampuan literasi matematis ialah kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam situasi nyata yang sangat penting dalam permasalahan kontekstual. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada siswa kelas VII SMP Negeri 61 Palembang. Penelitian ini dengan jenis deskriptif kualitatif yang melibatkan 30 orang siswa dengan fokus pada tiga orang siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendaah. Tes dan wawancara merupakan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil analisis persentase tiap indikator dalam penelitian ini yakni, indikator formulate sebesar 22,22% dikategorikan kurang. Indikator employ dengan persentase 55,56% dikategorikan sedang dan indikator interprete dengan persentase sebesar 40,44% dikategorikan sedang. Sedangkan rata-rata keselurahan dari ketiga indikator tersebut sebesar 40,74% dikategorikan sedang dengan indikator yang paling banyak muncul pada indikator kedua yaitu employ.
References
Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Guntur, M., & Robyyani, L. (2021). Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.58660/periskop.v2i2.20
Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785
Maharani, L., Indra Putri, R. I., & Hartono, Y. (2019). Aquatic in Asian games: Context of pisa-like mathematics problem. Journal on Mathematics Education, 10(3), 459–470. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.5252.459-470
Muzaki, A., & Masjudin. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595
Nanda, V. D., & Wandini, R. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Counting Box Dalam Mengatasi Kesulitan Memahami Konsep Operasi Hitung Perkalian Matematika Kelas Rendah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2977–2986.
Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2020). Designing PISA-like mathematics problem in covid-19 pandemic (PISAComat). Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012057
OCDE. (2024). PISA 2022 Result The State of Learning and Equity in Education Volume I. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Nomor 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
OECD. (2022a). KERANGKA MATEMATIKA PISA 2022. https://pisa2022-maths.oecd.org/ca/index.html
OECD. (2022b). PISA 2022 Mathematics Framework (Draft). OECD. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf
OECD. (2022c). PISA 2022 Result (Volume II). OECDiLibrary. https://www.oecd-ilibrary.org/sites/a97db61c-en/index.html?itemId=/content/publication/a97db61c-en
Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(2), 78–92.
Rodhi. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 167–177. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vera Yuliana Vera, Zulkardi Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.