PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Muhammad Lukman Hakim, Rina Dwi Setyawati, Farida Nursyahidah

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif dengan pendekatan PMRI di SMP yang layak digunakan pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Sebelum diujikannya media ini terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari validasi oleh ahli media dan ahli materi, yaitu 88% ahli materi dan 82% ahli media, hal ini menunjukkan kriteria sangat baik dan layak untuk diujicobakan.

 

Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, PMRI


Full Text:

PDF

References


Hamdani, M. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jaelani, A., Putri, R. I. I., & Hartono Y. 2013. Students’ Strategies of Measuring Time Using Traditional Gasing Game in Third Grade of Primary School. IndoMS. J.M.E., Vol.4(1) : 29-40.

Maryani, D. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 6(2).

Mustikasari, I., Utami, N. R., dan Supriyanto. 2012. Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Kajen. Unnes Journal of Biology Education, Vol.1(2) : 102-108.

Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol.2(1) : 33-47.

Novianti, R.D. 2010. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1(1) : 1-12.

Nursyahidah, F., Ilma, R., & Somakim. 2013. Supporting First Grade Student’s Understanding of Addition up to 20 Using Traditional Game. IndoMS.J.M.E, Vol. 4(2) : 212-223.

Nursyahidah, F., Ilma, R., & Somakim. 2014. Instructional Design of Subtraction Using PMRI Approach Based on Traditional Game. SEA-DR. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. 2018. Supporting second grade lower secondary school students’ understanding of linear equation system in two variables using ethnomathematics. IOP Conf. Ser.: Inter. Cof. On Math., Sci, and Edu, 983 012119.

Priandana, V. dan Asto, B. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.4(1) : 177-181.

Priatmoko, S. 2008. Pengembangan Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Makalah Pada Prosiding Karya Tulis Ilmiah Tingkat Fakultas Semarang, 2-3 April 2008.

Siagian, S., Mursid, dan Wau, Y. 2014. Development of Interactive Multimedia Learning in Learning Instructional Design. Journal of Education and Practice (Online), Vol.5(32) : 44-50.

Sunaengsih, C. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 3(2) : 183-190.

Utama, N. P., Nilawasti Z.A, dan Vionanda, D. 2012. Penggunaan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 51-59.

Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers (Published Thesis) (The Netherlands: PrinPartners IpskampEnschede).




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.