PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2221Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif dengan pendekatan PMRI di SMP yang layak digunakan pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Sebelum diujikannya media ini terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari validasi oleh ahli media dan ahli materi, yaitu 88% ahli materi dan 82% ahli media, hal ini menunjukkan kriteria sangat baik dan layak untuk diujicobakan.
Â
Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, PMRI
References
Hamdani, M. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Jaelani, A., Putri, R. I. I., & Hartono Y. 2013. Students’ Strategies of Measuring Time Using Traditional Gasing Game in Third Grade of Primary School. IndoMS. J.M.E., Vol.4(1) : 29-40.
Maryani, D. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 6(2).
Mustikasari, I., Utami, N. R., dan Supriyanto. 2012. Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Kajen. Unnes Journal of Biology Education, Vol.1(2) : 102-108.
Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol.2(1) : 33-47.
Novianti, R.D. 2010. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1(1) : 1-12.
Nursyahidah, F., Ilma, R., & Somakim. 2013. Supporting First Grade Student’s Understanding of Addition up to 20 Using Traditional Game. IndoMS.J.M.E, Vol. 4(2) : 212-223.
Nursyahidah, F., Ilma, R., & Somakim. 2014. Instructional Design of Subtraction Using PMRI Approach Based on Traditional Game. SEA-DR. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. 2018. Supporting second grade lower secondary school students’ understanding of linear equation system in two variables using ethnomathematics. IOP Conf. Ser.: Inter. Cof. On Math., Sci, and Edu, 983 012119.
Priandana, V. dan Asto, B. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.4(1) : 177-181.
Priatmoko, S. 2008. Pengembangan Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Makalah Pada Prosiding Karya Tulis Ilmiah Tingkat Fakultas Semarang, 2-3 April 2008.
Siagian, S., Mursid, dan Wau, Y. 2014. Development of Interactive Multimedia Learning in Learning Instructional Design. Journal of Education and Practice (Online), Vol.5(32) : 44-50.
Sunaengsih, C. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 3(2) : 183-190.
Utama, N. P., Nilawasti Z.A, dan Vionanda, D. 2012. Penggunaan Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 51-59.
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers (Published Thesis) (The Netherlands: PrinPartners IpskampEnschede).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.