PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2222Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk penelitian ini berupa buku siswa dan buku guru pada materi statistika berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi bahan ajar oleh validator sebesar 4,8 dengan kriteria valid, (2) hasil respon siswa sebesar 89,3% dan 91% respon baik dari siswa dengan kriteria sangat praktis, dan (3) dari hasil uji keefektifan bahan ajar sebesar 83,13% dengan kriteria efektif. Sehingga bahan ajar ini dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: bahan ajar, PMR, kemampuan pemecahan masalah matematika
References
Ahmad, M. dan Asmaidah, S. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Mosharafa, Vol. 6(3) : 373-384.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pres.
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Izzatul jannah, Atika. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pada Bahasan Himpunan dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. [online].
Tersedia: (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/download/6667/6429). [23 April 2018].
Rahman, A.A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMPN 3 Langsa. Jurnal MAJU, Vol. 4(1) : 26-37.
Ramdani, Ilyas. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarmo, Utari. 2014. Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Tematik. [Online]. Tersedia: (http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2016/05/Pedoman-Pemberian-Skor-Tes-Kemampuan-Berpikir-Matematik-dan-MPP-2016-1.pdf). [2 Mei 2018].
Tegeh, I made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.