PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Khoirun Nisak, Ani Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk penelitian ini berupa buku siswa dan buku guru pada materi statistika berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi bahan ajar oleh validator sebesar 4,8 dengan kriteria valid, (2) hasil respon siswa sebesar 89,3% dan 91% respon baik dari siswa dengan kriteria sangat praktis, dan (3) dari hasil uji keefektifan bahan ajar sebesar 83,13% dengan kriteria efektif. Sehingga bahan ajar ini dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: bahan ajar, PMR, kemampuan pemecahan masalah matematika


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. dan Asmaidah, S. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Mosharafa, Vol. 6(3) : 373-384.

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pres.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Izzatul jannah, Atika. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pada Bahasan Himpunan dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. [online].

Tersedia: (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/download/6667/6429). [23 April 2018].

Rahman, A.A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMPN 3 Langsa. Jurnal MAJU, Vol. 4(1) : 26-37.

Ramdani, Ilyas. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, Utari. 2014. Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Tematik. [Online]. Tersedia: (http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2016/05/Pedoman-Pemberian-Skor-Tes-Kemampuan-Berpikir-Matematik-dan-MPP-2016-1.pdf). [2 Mei 2018].

Tegeh, I made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Universitas Pendidikan Ganesha Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.