KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON DI SMAN 5 BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2224Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Peer Lesson dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa ditinjau secara keseluruhan maupun kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen dan populasinya adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 5 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rataan yaitu uji-t dan Mann-Whitney serta uji anova dua jalur dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Peer Lesson lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa bila ditinjau secara keseluruhan dan kemampuan awal matematis siswa (sedang dan rendah), tetapi tidak berbeda untuk siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi.
Â
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran Peer  Lesson
Â
References
Branca, N.A. 1980. Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skillâ€, dalam Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
BSNP. 2006. Draft Final Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Hartono. 2008. Strategi Pembelajaran Active Learning (Suatu Strategi Pembelajaran Berbasis Student Centred). [Online]. Tersedia: https://sditalqalam.wordpress.com/2008/01/09/strategi-pembelajaran-active-learning/. [15 Desember 2014].
Hendriana, H. 2009. Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik, Komunikasi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Inayah, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis serta Self Esteem Siswa SMP dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kuantum. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Juanda. R. Y. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe MURDER Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mariana, R. 2012. Implementasi Pembelajaran Aktif dengan Metode Peer Lesson Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nasution, S. 2000. Didaktik dan Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
NCTM. 1977. Position Paper on Basic Mathematical Skills. Washington, D. C.: National Institute of Education.
Sumarmo, U. 1993. Peranan Kemampuan Logik dan Kegiatan Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung.
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Zaini, H, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD UIN Sunan Kalijaga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.