KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA DI SMAN 1 SANGA DESA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2235Abstract
Pemodelan matematika merupakan suatu proses pembelajaran dengan menyederhanakan masalah dunia nyata menjadi masalah matematika kemudian sampai menemukan solusi matematika dan solusi dunia nyata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran pemodelan matematika (mathematical modelling) di kelas X SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.IPA 1 SMA Negeri 1 Sanga Desa tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran pemodelan matematika pokok bahasan sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) kelas X SMA Negeri 1 Sanga Desa berkategori baik dengan rata-rata 71,90.                                                    Â
Kata kunci : pemodelan matematika, kemampuan pemecahan masalah
References
Ang, K. C. 2001. Teaching Mathematical Modelling in Singapore Schools. The Mathematics Educator, Vol.6(1) : 63-75.
Jatisunda, M. G. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), Vol.1(1) : 35-44.
Ningsih, Y. L., dan Rohana. 2016. Prospective Teachers’ Ability in Mathematical Problem Solving Through Reflective Learning. Jurnal Infinity, Vol.5(2) : 75-82.
Parlaungan. 2008. Pemodelan Matematika untuk Peningkatan Bermatematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). [Online]. Tersedia: http://repository.usu.ac.id.html. [13 Juni 2017].
Sari, N. M. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Metode Eksplorasi. Jurnal AlphaMath, Vol.1(1) : 30-43.
Selvia, F. R., Darmawijoyo, dan Hartono, Y. 2014. Penerapan Pembelajaran Pemodelan Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Aksioma UNTAD, Vol.3(1) : 66-74.
Setiawati, D., Syahputra, E., dan Rajagukguk, W.A. 2013. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa Antara Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen. Jurnal Paradikma, Vol.6(1) : 1-13.
Simanullang, B. dan Budhayanti, C. I. S. 2008. Pemodelan Matematika. [Online]. Tersedia: http://www.academia.edu/10360343/Pemecahan_Masalah_Matematika_8_-1_ PEMODELAN_MATEMATIKA. [19 Mei 2017].
Suryani, Fatihah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Metode Pemodelan Matematika (Mathematical Modeling) Terhadap Kemampuan Penalaran Generalisasi Matematis. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id.html. [13 Juni 2017].
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Turmudi, dkk. 2014. Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pemodelan (Mathematical Modeling) Berbasis Realistik untuk Mahasiswa. [Online]. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu.html. [13 Juni 2017].
Wulandari, W., Darmawijoyo, dan Hartono, Y. 2016. Pengaruh Pendekatan Pemodelan Matematika Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), Vol.10(1) : 111-123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.