EFEKTIVITAS ALAT PERAGA PAPAN TURUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2238Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Alat Peraga Papan Turunan di kelas XI SMA Negeri 1 Pajar Bulan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pajar Bulan dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pajar Bulan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 118 siswa dan terbagi menjadi 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas  sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa dan kelas  sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Materi yang dipilih yaitu pokok bahasan turunan fungsi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk essay. Sedangkan analisis data menggunakan uji t. Setelah diadakan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga papan turunan efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 1 Pajar Bulan tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : efektivitas, alat peraga papan turunan, hasil belajar
References
Anwar dan Harmi. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.
Anwar, Khoirul. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Turunan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Student Activities Handout. Jurnal Kreano, Vol. 5(2) : 133-142.
Dewantara, A. 2012. Ciamik Matematika SMA. Yogyakarta: Cabe Rawit.
Kapisas, Diora. 2015. Papan Turunan. [Online]. Tersedia: http://youtube/6cKOOGwxx2c dan https://www.slideshare.net/diora25121996/alat-peraga-turunan-with-video-diora-kapisas. [10 April 2018].
Medyasari, L.T., dkk. 2017. Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Aksioma, Vol. 8(1) : 65-75.
Pranata, Ella. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol. 1(1) : 34-38.
Proklamanto, A.R. dan Rudhito, M.A. 2013. Efektifitas Pemanfaatan Program Geogebra Pada Pembelajaran Matematika Dalam Upaya Membantu Pemahaman Materi Turunan. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII Fakultas Sains dan Matematika UKSW, Salatiga, 15 Juni 2013. Vol. 4(1) : 217-226. ISSN : 2087-0922.
Sanaji. 2017. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Turunan Melalui Pendekatan Kooperatif Tutor Sebaya Berbasis Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas XI TPMI Semester Genap di SMK Negeri 5 Kendal tahun ajaran 2015/2016. Majalah Ilmiah Inspiratif, Vol. 2(04) : 86-109.
Soedyarto dan Maryanto. 2008. Matematika Untuk SMA dan MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tati, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3(1) : 75-89.
Wahyuningtyas, W. dan Amin, S.M. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Melalui Diskusi Kelompok. MATHEducation, Vol. 0x(xx) : 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.