KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Authors

  • Shita Septiyani Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis maupun self efficacy siswa SMP Negeri 41 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan perlakuan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Negeri 41 Palembang. Dengan teknik cluster sampling diperoleh kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap self efficacy siswa SMP Negeri 41 Palembang.

Kata kunci : pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), kemampuan komunikasi matematis, Self Efficacy.

References

Desmawati, Mariana, R., dan Mulyani, S. H. 2015. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Pada Siswa SMPN 2 Padang Panjang. Psyche 165 Journal, Vol. 8(2) : 14-28.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, A. dan Viora, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2(5) : 1180-1186.

Jatisunda, M.G. 2017. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), Vol. 1(2) : 24-30.

Maisura dan Jannah, R. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Materi Geometri di Kelas X SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3(1) : 81-91.

Nasution, Hamni Fadlilah. 2013. Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa SMP di Kota Padangsidimpuan. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Nuyami, N.M.S., Suastra, I.W., dan Sadia, I.W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Terhadap Self-Efficacy Siswa SMP Ditinjau dari Gender. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4. [Online]. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications

/122383-ID-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t.pdf. [10 Mei 2018].

Solekha, F.N., Noer, S.H., dan Gunowibowo, P. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Vol. 1(9) : 18-28.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana: Jakarta.

Vitriani, J., Elniati, S., dan Subhan, M. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3(1) : 45-49.

Downloads

Published

2018-06-10