DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SUDUT DAN REMEDIASINYA DENGAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN GEOGEBRA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2240Abstract
Untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa maka dilaksanakan pembelajaran remedial yang bertujuan meminimalisir kesalahan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Pemanfaatan teknologi komputer sangat membantu dalam mengatasi kesalahan. Salah satu software komputer yang dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika adalah program GeoGebra. Program GeoGebra bertujuan sebagai media pembelajaran yang memberikan pengalaman visual pada siswa, diharapkan dapat membantu siswa dalam memperbaiki kesalahannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kesalahan siswa, data penyebab kesalahan siswa dan data hasil pembelajaran remedial. Data kesalahan diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 2 Curup Tengah. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tehnik Analisis data dilakukan dengan triangulasi data yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil yang valid. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dari hasil tes dan wawancara bahwa kurangnya pemahaman siswa dalam menguasai materi dan siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal. Dengan adanya pembelajaran remedial dengan menggunakan GeoGebra cukup membantu siswa dalam memperbaiki kesalahannya. Selain itu pembelajaran remedial menggunakan GeoGebra cukup membantu daya visual siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : diagnosis kesalahan, remediasi, GeoGebra
References
Abdusssakir. 2013. Penggunaan Komputer untuk Pembelajaran Matematika. Jurnal Madrasah, Vol. 5(2) : 117-133.
Dwianti, L.I. 2017. Pelaksanaan Pengajaran Remedial Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Judith and Hohenwarter, M. 2008. Introduction to GeoGebra (Written for GeoGebra 3.0). [Online]. Tersedia: http://math.arizona.edu/~vbohme/Geogebra/introto GeoGebra.pdf. [20 Maret 2017]
Kania, Nia. 2013. Perbandingan Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Konkret dengan Alat Peraga Maya (Virtual Manipukative) Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mahyudi. 2016. Mengapa Sulit Membedakan Permutasi dan Kombinasi. Jurnal AdMathEdu, Vol. 6(1) : 33-44.
Marsetyorini, A.D. dan Murwaningtyas, C.E. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dan Pembelajaran Remedial dalam Materi Operasi Pada Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMPN 2 Jetis Bantul. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 10 November 2012. Hal: 59-70. ISBN : 978-979-16353-8-7.
Nursyahidah, F., dan Saputro, B. A. 2015. Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Tangram GeoGebra untuk Menemukan Luas Persegi. Jurnal Aksioma, Vol. 6(1) : 1-11.
Riadi, Muchlisin. 2014. Melukis Sudut 30, 45, 60, 75, 90, 150 dan 180. [Online]. Tersedia: https://yos3prens.wordpress.com/2013/11/13/melukis-sudut-sudut-istimewa/ [20 Agustus 2017].
Syahbana, A. 2016. Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: Noer Fikri Offset.
Zella, Mutiara. 2016. Analisis Pelaksanaan Program Remedial Mata Pelajaran Matematika dan Kontribusinya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 4 Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.