PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN EDMODO BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2830

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk melihat adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan berbantuan edmodo blended learning. Populasi penelitian adalah siswa semester ganjil kelas VII MTs.Al-Hilaliyah Palembang. Jenis penelitian ini Quasi-Experimental. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, yang dilakukan sebelum (pretes) dan sesudah (postes) kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan : melakukan analisis deskriptif data dan menghitung gain ternormalisasi (normalized gain) pretes dan postes. Pengujian persyaratan analisis adalah uji normalitas data dan uji homogenitas varians keseluruhan data kuantitaf, dan  uji hipotesis yang dalam penelitian ini uji t, uji-tʹ, uji Mann-Whitney U, uji ANAVA satu jalur atau uji Kruskal-Wallis. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS-20 for Windows. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan.1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Mind Mapping berbantuan edmodo blended learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau dari (a) keseluruhan siswa (b)KAM siswa.

Kata kunci : Mind Mapping, Pemecahan Masalah Matematis, Edmodo Blended Learning

 

Abstract. This study aimed to see an increase in mathematical problem solving abilities of students using the Mind Mapping learning model assisted by edmodo blended learning. The research population were the seventh grade odd semester students of Palembang MT. Al-Hilaliyah. This type of research is Quasi-Experimental. The data in this researcher are distinguished by quantitative data that was obtained through the Mathematical Problem Solving Ability Test, which was conducted before (pretest) and after (posttest) learning activities. Quantitative data obtained through work results (answers) of students, observations, photos and videos, as well as the results of interviews with research subjects. Data analysis used: conducted descriptive analysis of data and calculated normalized gains (normalized gain) pretest and posttest. Testing requirements analysis is a normality test of data and a variance homogeneity test of all quantitative data, and hypothesis testing in this study t test, t-test, Mann-Whitney U test, one-way ANAVA test or Kruskal-Wallis test. Hypothesis testing using SPSS-20 for Windows. The results of the data analysis conclude.1) the improvement of mathematical problem solving abilities of students who get learning with the Mind Mapping model assisted by edmodo blended learning is better than students who get conventional learning in terms of (a) all students (b) KAM students. 

Keywords : Mind Mapping, Problem Solving Abilities of Students, Edmodo Blended Learning

 

 

References

Arthur, L. B. 2008. Problem Solving. U.S.: Wikimedia Foundation, Inc. [Online]. Tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/ProblemSolving. [7 April 2008].

Creswell. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R., W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Faelasofi, Rahma. dkk. 2015. Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal e-DuMath, Vol. 1(2) : 122-136.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. 2008. Blended Learning in Higher Education: Framework, principles and guidelines. San Fransisco: Josey-Bass.

Hourdequin, P. 2014. Edmodo: A Simple Tool for Blended Learning. The Language Teacher38.

Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Inel Didem, Ekici. 2017. The Use Of Edmodo In Creating An Online Learning Community Of Practice For Learning To Teach Science. Malaysian Online Journal internasional of Educational Sciencesi, Vol. 5(2).

Istarani. 2011. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: CV. Iscom Medan.

Jones, B.D., Ruff, C., Snyder, J.D., Petrich, B., & Koonce, C. 2012. The Effect of Mind Mapping Activities on Student’s Motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 6(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kesumawati, Nila. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mateo, Rey, P. d., & Hernández. 2010. Student motivation and cross-curricular development through e-learning applied to cooperation. The Future of Global Learning Engineering Education (EDUCON).

Mento, dkk. 1999. Mind Mapping in Executive Education Applications and Outcomes. The Journal of Management Development, Vol. 18(4).

Novianti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Matematika Semester III FKIP Umuslim Pada Mata Kuliah Program Linear. Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, Vol. 10(2) : 25-28.

Nurdamayanti, Aulia. 2018. Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMPN 48 Surabaya. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 8(1) : 17-24.

Purwaningsih, Dian. 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Aksioma, Vol. 8(1) : 1-8.

Rahmawati dan Jayanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Nabla Dewantara, Vol. 2(2) : 82-97.

Rismayanti, Anti. 2012. Mengenal Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-Learning dan Kolaborasi. [Online]. http://download.smknl-majakengka.sch.id. [20 Mei 2012].

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sudarman. 2009. Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 4(2) : 67-72.

Suherman, E. dkk. 2003. Evaluasi Pembelajaran matematika. Bandung: JICA UPI.

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan) SD, SMP, dan SMA. Seri Perundangan. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Tripathi, H. 2016. Effectiveness of Blended Learning Using LMSEdmodoin Teaching Economics at Higher Secondary Level. International Journal of Indian Psychology, Vol. 3(3), No. 10, DIP: 18.01.180/20160303, ISBN: 978-1-365-19879-3.

Downloads

Published

2019-05-03