MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA DENGAN STRATEGI PEMBERIAN PERTANYAAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i2.3032Abstract
Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan minat baca mahasiswa pada mata kuliah Teori Bilangan menggunakan strategi pemberian pertanyaan di awal pembelajaran. Diharapkan mahasiswa lebih berminat membaca materi untuk mempersiapkan diri dalam menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket minat baca. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif terhadap lembar hasil pengisian angket minat baca. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi pemberian pertanyaan yang dapat meningkatkan minat baca mahasiswa pada mata kuliah Teori Bilangan adalah tiap mahasiswa diberikan pertanyaan terkait materi perkuliahan. Setelah seluruh mahasiswa diberikan pertanyaan, lalu kelas dimulai dengan menggunakan suatu pendekatan atau model pembelajaran yang lain. Disamping penerapan strategi tersebut perlu diberikan upaya perbaikan berupa reward yakni penilaian dari jawaban masing-masing mahasiswa sebagai nilai keaktifan, materi yang digunakan untuk tanya jawab adalah materi yang telah dan akan dipelajari, dan mahasiswa dimotivasi untuk membaca lebih giat lagi.
 Kata Kunci: minat baca, strategi pertanyaan, teori bilangan
This research intends to increase students' interest in reading in Number Theory subjects using the strategy of giving questions at the beginning of learning. It is expected that students are more interested in reading material to prepare themselves in answering questions. This research is a classroom action research (CAR) in two cycles. The object of this research is the second semester students. Data collection techniques use questionnaires of reading interest. Data analysis techniques with descriptive analysis from the results of filling questionnaires of reading interest. Based on the results, it was concluded that the application of the strategy of giving questions that can increase students' interest in reading in Number Theory subjects is each student is given questions related to lecture material. After all students are given questions, then the class begins using an approach or another learning model. Besides the implementation of these strategies, it is necessary to provide remedial efforts in the form of rewards, namely the assessment of the answers of each student as activeness values, the material used for question and answer is material that has been and will be studied, and give motivation to students to read harder.
 Keywords: reading interest, question strategy, number theory
References
Anugra, H., Yusup, P.M., dan Erwina, W. 2013. Faktor-faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, Vol. 1(2) : 137-145.
Dahlan, M. 2008. Motivasi Minat Baca. Jurnal Iqra’, Vol. 2(1) : 21-32.
Hardi, Nuraini Asriati, dan Endang Purwaningsih. 2014. Pengaruh Minat Membaca Buku Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa BKK Akuntansi. Skripsi tidak dipublikasikan. Pontianak : Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Tanjungpura.
Hayati, Nur. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Buku Referensi Mata Pelajaran Sosiologi (Kasus Siswa SMA Negeri 1 Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang : Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang.
Kasiyun, Suharmono. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 1(1) : 79-95.
Rahma, N.M., Pratiwi, R.N., dan Niken, L.V.A. 2015. Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3(5) : 763-769.
Siswati. 2010. Minat Membaca pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I). Jurnal Psikologi Undip, Vol. 8(2) : 124-134.
Suhendar, U., dan Widjajanti, D.B. 2016. Komparasi Keefektifan Saintifik dan PMRI Ditinjau dari Prestasi, Minat, dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Jurnal Pythagoras, Vol. 11(1) : 91-101.
Sumarwati dan Purwadi. 2010. Pembuatan Pertanyaan Awal pada Kegiatan Prabaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif. Jurnal Diksi, Vol. 17(1) : 1-13.
Suprapto, N., Suliyanah, dan Admoko, S. 2013. Pembelajaran Fisika di SMA Melalui Pertanyaan (Learning by Questioning) dan Keterampilan Berpikir. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), Vol. 3(2) : 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.