KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Faizal Fanany, Isnani Isnani, Ahmadi Ahmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pembelajaran kontekstual terhadap kesulitan belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas, yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji manova, dan uji -Hotelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran matematika yang diajar menggunakan pembelajaran kontekstual dapat melampaui target, pembelajaran kontekstual lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kesulitan belajar, dan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, ada perbedaan yang signifikan kesulitan belajar dan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar menggunakan  pembelajaran konvensional, pembelajaran kontekstual lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kesulitan belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa.

 Kata kunci:  keefektifan, pembelajaran kontekstual, kesulitan belajar     matematika, kemampuan penalaran matematis

 

This study aims to look at the effectiveness of contextual learning on learning difficulties and students' mathematical reasoning abilities. The population in this study were students of class VIII in the first semester of SMP Negeri 1 Dukuhturi Academic Year 2018/2019. Sampling by cluster random sampling. The samples taken were 3 classes, namely the experimental class, the control class and the trial class. Data collection uses questionnaires and tests. The data analysis technique used is the proportion test, the right one t test, the manova test, and the 2 ^ 2-Hotelling test. The results of the study state that mathematics learning taught using contextual learning can exceed the target, contextual learning is better than conventional learning on learning difficulties, and on students' mathematical reasoning abilities, there are significant differences in learning difficulties and mathematical reasoning abilities between students taught using contextual learning with students taught using conventional learning, contextual learning is better than conventional learning on learning difficulties and students' mathematical reasoning abilities.

 Keywords : effectiveness, contextual learning, difficulty learning  mathematics, mathematical reasoning abilities.


Full Text:

PDF

References


Amin, Zaqiin. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantu Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Dewi, A. S., Isnani, I., dan Ahmadi, A. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, Vol. 4(1) : 7-11. Tersedia http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/3509/pdf

Gaspersz, Vincent. 1995. Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan. Bandung : Tarsito.

Hidayati, F., Isnani, I., dan Susongko, P. 2017. Pengaruh Persepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), Vol. 1(1) : 11-18. Tersedia : http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/

/660

Lestari, Karunia Eka dan Ridwan, Yudhanegara Mokhammad. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nisa, K. 2011. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTs Negeri Bonang Tahun Pelajaran 2010/2011. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang : IAIN Walisongo.

Safitri, D. A. N., Wahyuningsih, E. D., dan Ahmadi. 2019. Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), Vol. 1(2) : 109-114.

Tersedia : http://integral.upstegal.ac.id/index.php/jppm/index

Suhartini, I., Syahputra, E., dan Surya, E. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa di MTs Miftahussalam Medan. Paradikma, Vol. 9(3) : 62-71.

Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa, Vol. 5(1) : 1-10.

Suwanjal, Usep. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Aksioma, Vol. 5(1) : 61-67. Tersedia : http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/466/415

Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica, Vol. 2(1) : 45-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v1i2.3035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.