PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.3980Keywords:
Metode Discovery, Pemecahan Masalah MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Tamansiswa Telukbetung Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik sederhana dengan uji t. Pengukuran variabel menggunakan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tamansiswa Telukbetung Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Dua kelas dijadikan sampel yaitu kelas X OTKP 1 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil pengujian hipotesis didapat  dan dari tabel distribusi pada taraf signifikan 5% dengan . Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Tamansiswa Telukbetung Bandar Lampung akan lebih optimal dan lebih efektif jika menggunakan metode Discovery.
                                                                                                                 Â
Kata kunci : metode Discovery, pemecahan masalah matematika
Â
ABSTRACT
This study aimed in determining the effect in application of the Discovery method to the mathematical problem solving ability in class X students at SMK Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. This research was an experimental research with hypothesis testing by using simple statistical analysis by t-test. In measurement of variables were using a test in the form of a description of five questions that were first tested for validity and reliability. The population of this study were students of class X at SMK Tamansiswa Telukbetung Bandar Lampung in the academic year 2018/2019. The two classes were as sampled: class X OTKP 1 students as the experimental class and class X AKL as the control class. Sampling using Cluster Random Sampling technique. The hypothesis testing results obtained tit 5.38 and from the distribution table was at a significant level of 5% with t dat = t-120) = 2.00. It concluded that the mathematical problem solving ability in class X students at SMK Tamansiswa Telukbetung Bandar Lampung should be more optimal and effective by using the Discovery method.
Keywords : discovery method, mathematical problem solving
References
Afandi, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Anggreini, R.D. 2018. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
[Online]. Tersedia: http://digilib.unila.ac.id/31884/3/SKRIPSI%20TANPA%20 BAB%20PEMBAHASAN.pdf.
Gusmania, Y. dan Marlita. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pythagoras, Vol. 5(2) : 151-157.
Hamzah, A. dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hendriana, dkk. 2016. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: STKIP Siliwangi Press.
Jarwan. 2018. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Proximal, Vol. 1 (2) : 77-89.
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Marantika, A., Handayani, T., dan Putri, A.D. 2015. Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, Vol.1(2) : 161-183.
Polya, G. 1985. How To Solve it second edition. New Jersey: Princeton University Press.
Sani, A.R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Tangio, N. F. 2015. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 1-14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.