PENGEMBANGAN SOAL UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • Eni Ayu Setia Ningsih Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nyayu Masyita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiah Syofiana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4126

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan beberapa soal standar yang valid dan praktis berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, self-evaluation, dan prototyping. Tahap prototyping terdiri dari experts review, one-to-one, dan small group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018, dan siswa XI MIPA A SMAN 6 Kota Bengkulu sebagai subjek penelitian ini. Diperoleh 8 soal yang dinyatakan valid oleh ulasan 3 pakar, dan 6 dari 8 soal dinyatakan sebagai soal yang baik (terstandar) berdasarkan kategori tingkat kesukaran dan indeks daya beda.

 Kata kunci: soal esai, pemecahan masalah matematika

ABSTRACT

The purpose of this study is to produce valid and practical standard questions based on the ability to solve the mathematical problem of high school students. This research was conducted using the Tessmer procedure which consists of preliminary, self-evaluation, and prototyping stages. The prototyping stages consist of expert reviews, one-to-one, and small groups. This research was conducted in April 2018 and the subjects of this study were students of XI MIPA A SMAN 6 Bengkulu. The results of this research were obtained 8 problems that were declared valid by the reviews of 3 experts and 6 out of 8 problems were stated as good (standardized) problems based on the difficulty level category and the discriminating power index.

 Keywords : essay problems, mathematical problem solving

References

Allen and Yen. 1979. Introduction to Measurement Theory. California: Cece Munshon.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Pengelolaan Pengujian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12(2). [Online]. Tersedia : http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf. [13 Januari 2018].

Fadillah, S. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009. ISSN 978-979-96880-5-7. [Online]. Tersedia : https://eprints.uny.ac.id/12317/ [1 Februari 2018].

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Permendikbud nomor 59 tahun 2014. [Online]. Tersedia : https://suaidinmath.wordpress.com/2014/09/10/permendikbud-tentang-kurikulum-2013-sekolah-menengah-atasmadrasah-aliyah/ [ Februari 2018].

Pijateng. 2006. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Open-Ended Problems. Jurnal Kependidikan, Nomor 1, Tahun XXXVI : 53-68.

Suci, A.A.W dan Rosyidi, A.H. 2012. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Jurnal MATHEdunesa, Vol. 1(2). [Online]. Tersedia : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.pdf. [1 Februari 2018].

Sumarmo, U. 2012. Pendidikan Karakter Serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia : https://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id.pdf. [12 Februari 2018].

Suryadi, D. dan Herman, T. 2008. Eksplorasi Matematika Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page.

Zulkardi. 2006. Formative Evaluation: What, Why, When, and How. [Online]. Tersedia : http://www.oocities.org/zulkardi/books.html. [Desember 2017].

Downloads

Published

2020-05-28