SOFTWARE APLIKASI PEMBUAT ANIMASI SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI ALAT PERAGA UNTUK MENANAMKAN KONSEP DASAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4127Abstract
ABSTRAK
Matematika merupakan ilmu dasar yang menjadi alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang lain. Penguasaan terhadap konsep matematika dasar yang umumnya sudah diberikan sejak di sekolah dasar mutlak diperlukan. Penyajian ke siswa diperlukan kecermatan yang baik, agar siswa memiliki kemampuan secara benar untuk memahami konsep-konsep dasar matematika, untuk dibawa selanjutnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Alat peraga dapat digunakan untuk menyajikan konsep dengan baik, namun dengan berbagai kelemahan terutama dalam berinovasi pada pembelajaran di kelas, maka perlu alat pembelajaran yang lain sebagai alternatif untuk menggantikan alat peraga. Kajian ini bertujuan untuk membahas software aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berbentuk animasi sebagai alternatif pengganti alat peraga, dan kriteria pemilihan software aplikasi agar dapat dikuasai oleh guru.                         Â
Kata kunci : pemahaman konsep dasar, software aplikasi
Â
ABSTRACT
Mathematics is a basic science that is a tool for learning other sciences. Mastery of basic mathematical concepts that have generally been given since elementary school is necessary. Presentation of it to students requires good accuracy so that students can understand the basic concepts of mathematics correctly to be brought to the next level of higher education. Teaching aids can be used to present concepts well. However, with various weaknesses, especially in innovating learning in class, it is necessary to use other instructional media as an alternative to replacing teaching aids. This study aims to discuss the application software that can be used to create instructional media in the form of animation, as an alternative to substitute teaching aids, and the criteria to select application software to be mastered by the teacher.
 Keywords : understanding basic concepts, application software
References
Andesta, E. D., Rahmi, dan Harisman, Y. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have (QSH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pasaman. Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Publisher : STKIP PGRI Sumbar.
Asnawir dan Usman, B. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Dahlan, J.A., 2004. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendidikan Pembelajaran Open-ended, Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota Bandung. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPD UPI.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Effendi, Zakaria, dkk. 2007. Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publications dan Distributors SDN BHD.
Gardner, H. 1983. Frames of mind - The theory of multiple intelegences. New York: Basic Books Inc.
Lestari, Linda Puji. 2006. Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Alat Peraga dan LKS. [Online]. Tersedia: http://digilib.unnes.ac.id.skripsi/archives/doc.pdf. [15 Desember 2019].
Maharani, Isma Nastiti. 2017. Model Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Sekolah Dasar. Vox Edukasi, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 8(1) : 1-10. [Online]. Tersedia : http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/ article/view/54/51.
Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 19-23. [Online]. Tersedia : https://adoc.tips/pemahaman-konsep-matematis-dan-model-pembelajaran-quantum-te.html
Mayer, R. E. and Moreno, R. 2002. Animation as an Aid Multimedia Learning. Educational Psychology Review, Vol. 14(1), March 2002. [Online]. Tersedia: https://link.springer.com/article/10.1023/A:1013184611077. [15 Desember 2019].
Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Ruseffendi, H. E. T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Shadiq, Fadjar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar di PPPG Matematika tanggal 6 s.d. 19 Agustus 2004. Yogyakarta : Depdiknas Dirjendiknas Dasar dan Menengah Pusat
Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Simanjuntak, Lisnawaty dkk. 1990. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Bandung: Dirjen Dikti Depdiknas.
Somayasa, W., Natajaya, N., dan Candiasa, M. 2013. Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3. [Online]. Tersedia : https://media.neliti.com/media/publications/207272-pengembangan-modul-matematika-realistik.pdf.
Sukiyasa, K. dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3(1) : 126-137. [Online]. Tersedia : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1588/1318. [31 Desember 2019].
Sundayana, R. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suryanta, Made., Abadi, Ida B.G., dan Asri, A. S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2(1). [Online]. Tersedia : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2209
Sutawijaya, A dan Afgani, J. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.