KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS LESSON STUDY

Authors

  • Risnanosanti Risnanosanti FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiah Syofiana FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hasdelyati Hasdelyati SMP Negeri 18 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4137

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik dengan menerapkan model pembelajaran problem solving berbasis lesson study. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 32 siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (1) model problem solving berbasis lesson study memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (2) proses pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) meningkatkan kemampuan siswa untuk lebih memahami kegiatan pembelajaran dan kemampuan untuk menerapkan cara penyelesaian permasalahan dalam semua jenis masalah yang dihadapi, dan (4) meningkatkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan untuk menerapkan model problem solving berbasis lesson study pada pokok bahasan ataupun mata pelajaran yang lainnya.

 Kata kunci : berpikir kreatif, problem solving, lesson study

 

 

ABSTRACT

This study aims (1) to improve the quality of the mathematics learning process, (2) to develop students' mathematical creative thinking abilities, and (3) to get better learning outcomes by applying lesson study based problem-solving learning models. This type of research is a classroom action research study involving 32 students of class VIII.2 SMP Negeri 18 Bengkulu in the 2019-2020 school year. Data collection was carried out using tests and interviews. Data were analyzed using descriptive methods. Based on the results of data analysis the following results are obtained (1) lesson study based problem-solving models have a positive impact on students 'mathematical creative thinking abilities (2) the learning process is undertaken can improve student learning outcomes (3) improve students' ability to better understand learning activities and the ability to apply ways of solving problems in all types of problems encountered, and (4) enhance student learning activities. Based on the results of this study, it is recommended to apply the lesson study-based problem-solving model on the subject or other subjects.

 Keywords : creative thinking, problem solving, lesson study

References

Anwar, N. M., Aness, M., and Khizar, A. 2012. Relationship of Creative Thinking with Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, Vol. 1(3) : 12–24.

Ayas, M.B., and Sak, U. 2014. Objective Measure of Scientifics Creativity: Psychometric Validity of the Creative Scientific Ability Test. Elsevier: Thinking Skills and Creativity, Vol. 13(1) : 195-205.

Cari, Sunarno, W., dan Rahono, D. 2014. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Solving Melalui Metode Demontrasi dan Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol. 3(3) : 75-85.

Cox, A.J. and Junkin, W.F. 2002. Enchaned Student Learning in The Introductory Physics Laboratory. Physics Education, Vol. 32 (1) : 1-8.

Gok, T. 2014. Students’ Achievement, Skill and Confidence in Using Stepwise Problem-Solving Strategies. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technolog Education, Vol. 10(6) : 617-624.

Goodson, L, FJ. King, and Rohani, F. 2015. Improving Student’s Higher-Order Thinking Competencies, Including Critical Evaluation, Creative Thinking, and Reflection on Their Own Thinking. (Level, Declarative Knowledge, Plan, Quality Enhancement). Research in Science Education.

Harjono, A., Gunada, IW, Sutrio, dan Hikmawati. 2018. Penerapan Advance Organizer dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berpola Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 4(1) : 141-150.

Hikmawati, Kesipuddin, dan Rahayu, S. 2018. Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Perkuliahan Strategi Pembelajaran Fisika Berpola Lesson Study. Jurnal Pendidikan Fisika Lensa, Vol. 2(1) : 179-185.

Hu, W., Shi, QZ., Han, Q., Wang, X., and Adey, P. 2010. Creative Scientific Problem Finding and Its Developmental Trend. Creativity Research Journal, Vol. 22 (1) : 46-52.

Khoiri, W., Rochmad, dan Cahyono, A.N. 2013. Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, Vol. 2(1) : 114-121.

Newmann, F.M., and Wehlage, G.G. 1993. Five Standards of Authentic Instruction. Educational Leadership, Vol. 50(7) : 8-12.

Noer, S.H. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5(1) : 104-111.

Nugraha, T.S. dan Mahmudi, A. 2015. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 2(1) : 107-120.

Nuryanti. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Kooperatif STAD dan Murder. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 21(1) : 9-13.

Rahayu, P., Mulyani, S., dan Miswadi, S.S. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1(1) : 63-70.

Risnanosanti. 2010. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy terhadap Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui Pembelajaran Inkuiri. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Saragih, S., and Napitupulu, E. 2015. Developing Student-Centeres Learning Model to Improve High Order Mathematical Thinking Ability. Canadian Center of Science and Education, Vol. 8(6) : 104–112.

Sari, I.P., dan Yunarti, T. 2015. Open-ended Problems untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Makalah Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2015. Hal: 315-320. ISBN. 978-602-73403-0-5.

Sharma, Y. 2014. The Effects of Strategy and Mathematics Anxiety on Mathematical Creativity of School Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol. 9(1) : 25-37.

Shriki, A. 2010. Working Like Real Mathematicians: Developing Prospective Teacher’s Awareness of Mathematical Creativity Through Generating New Concepts. Educational Studies in Mathematics. 73 : 159-179. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1007/s10649-009-9212-2.

Sijabat, A., Motlan, dan Derlina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5(2) : 87-91.

Sriraman, B., and Lee, K.H. 2011. The Elements of Creativity and Giftedness in Mathematics. Rotterdam: Sense Publisher. [Online]. Tersedia : https://www.springer.com/gp/book/9789460914393.

Sunaryo, Y. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Universitas Terbuka, Vol. 1(2), 41–51.

Sutarno, Setiawan, A., Suhandi, A., Kaniawati, I., dan Putri, D.H. 2017. Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Pembelajaran Bandul Fisis Menggunakan Model Problem Solving Virtual Laboratory. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 3(2) : 164-172.

Yen, T.S., and Halili, S.H. 2015. Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning. Vol. 3(2) : 41-47.

Thomas, A.K. and Thorne, G. 2009. How to Increase Higher Order Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning.

Downloads

Published

2020-06-05