METODE QUANTUM LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 SEKAYU

Authors

  • Pipin Meida Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4153

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Sekayu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan posstest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sekayu dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berlangsung mulai tanggal 18 September 2019 sampai 4 Oktober 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data nilai signifikan uji t yaitu 0,001 kurang dari angka kritis 0,025, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sekayu.

Kata kunci : quantum learning, berpikir kreatif

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of the Quantum Learning method on the ability to think creatively in mathematics learning at Sekayu 5 Middle School. The research method used was an experimental method using a post-test-only control design. The population in this study were students of class VII of SMP Negeri 5 Sekayu and the sample used was students of class VII.2 as the experimental class and class VII.1 as the control class. This research conducted on 18 September 2019 to 4 October 2019. Data collection techniques used were tests conducted at the end of learning. Data analysis techniques used t-test. Based on the data analysis the significant value of the t-test is 0.001 less than the critical number of 0.025, so it can be concluded that the Quantum Learning method has a positive effect on the creative thinking ability of Grade VII students of SMP Negeri 5 Sekayu.

Keywords : quantum learning, creative thinking

References

Anisa, Medriati, R., dan Putri, D.H. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2(3) : 201-208.

Astuti, W. 2017. Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 2(2) : 124-129.

DePorter, B. dan Hernacki, M. 2007. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fatahuddin, S. 2011. Penerapan Metode Quantum Learning Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika (PKDLE) di SMKN 2 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia : https://eprints.uny.ac.id /39224/1/Sholhan%20Fatahuddin%20-%2006518241008.pdf. [26 april 2018].

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Pane, A. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Learning Materi Sains. Jurnal Logaritma, Vol. 2(1) : 1-13.

Samad, I. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning. Jurnal Pedagogy, Vol. 2(1) : 20-30.

Saputro, T. dan Latifah, S. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 1(2) : 29-37.

Siswono, T.Y.E. 2006. Implementasi Teori tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Makalah Pada Prosiding Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang, 24-27 Juli 2006.

Sudarman, S.W. dan Vahlia, I. 2016. Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7(2) : 275-282.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi.

Suryadi, D. dan Herman, T. 2008. Eksplorasi Matematika Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Swandewi, N.L.P., Gita, I.N., dan Suarsana, I.M. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Elemen, Vol. 5(1) : 31-42.

Downloads

Published

2020-06-10