MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Authors

  • Yundiana Yundiana STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Aty Nurdiana STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Meilia Hestinova STKIP PGRI Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4162

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 224 siswa, sedangkan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas ekperimen yang berjumlah 29 siswa dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan pengundian. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dites dengan soal essay sebanyak 5 soal yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019.                                                                                          

Kata kunci : Team Assisted Individualization, pemecahan masalah

 

ABSTRACT

This study aimed to determine whether there was an influence of the Team Assisted Individualization model on the students' mathematical problem solving abilities. This study used an experimental method with a population were all eighth grade students of SMP Negeri 26 Bandar Lampung, consisting of 8 classes with 224 students, while the sample consisted of two classes, class VIII C as an experimental class totaling 29 students and class VIII A as a control class which numbered 27 students. The samples were selected by using the draw. The students' mathematical problem-solving abilities were tested with 5 question essays, which were first tested for their validity and reliability. The testing the hypothesis of this study using the t test. Based on the results of research and data analysis found the influence of the Team Assisted Individualization learning model on the ability to solve mathematical problem solving for VIII grade students of SMP Negeri 26 Bandar Lampung in the academic year 2018/2019.

Keywords : team assisted individualization, problem solving

References

Alsa, A. 2011. Pengaruh Metode Belajar Team Assisted Individualization Terhadap Prestasi Belajar Statistika pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi, Vol. 38 (1) : 82-91.

Dahlan, T. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTs Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Vol. I(1) : 29-38.

Farnika, N., Ikhsan, M., dan Sofyan, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jurnal Elemen, Vol. 1(2) : 144-152.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., dan Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Karim dan Anshariyah, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4(1) : 58-67.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Polya, G. 1985. How To Solve It. Second edition. New Jersey: Princeton University Press.

Ramlan, M. 2013. Meningkatkan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Makasar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPan), Vol 1 (1) : 110-122.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. 2011. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (Indonesian Version). (Zubaedi dan N. Yusron, Transl.). Bandung: Nusa Media.

Utami, S. dan Sucipto, L. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Paedagoria, Vol. 8(2) : 32-36.

Downloads

Published

2020-06-15