MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4163Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 kelas. Sampel diambil dengan melakukan acak kelas, dan terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis tentang kemampuan penalaran matematika. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, uji statistik yang dilakukan adalah uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang.
 Kata kunci : penalaran matematika, pembelajaran berbasis masalah         Â
Â
Â
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of problem-based learning models on the ability of mathematical reasoning on arithmetic sequences and series in class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. This study used an experimental research method with post-test only control design. The population in this study were all students of class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang in the 2018/2019 school year, amounting to 3 classes. Samples were taken by doing a random class, and selected class VIII.A as an experimental class and class VIII.B as a control class. Data collection techniques in this study were written tests of mathematical reasoning abilities. Data were analyzed descriptively quantitatively, the statistical test conducted was the t-test. The results of the data analysis show that there is an influence of the problem-based learning model on the ability of mathematical reasoning on arithmetic sequences and series in class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang.
 Keywords :  mathematical reasoning, problem based learning
Â
Â
Â
Â
Â
Â
References
Al Ayubi, I.I., Erwanudin, dan Bernard. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 1(3) : 355-360.
Harususilo, Y.E. Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia? Kompas.com, 7 Desember 2019 hal.1. [Online]. Tersedia : https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudaa, S. 2018. Estetika Berbahasa: Mengapresiasi Bahasa Indonesia. Sukabumi: CV Jejak Publisher.
Isrok'atun dan Rosmala, A. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Latif, M. 2014. Filsafat Ilmu: Orientasi ke Arah Pemahaman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Masri, M.F., Suyono, dan Deniyanti, P. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vol. 11(1) : 116-126.
Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Rohana dan Ningsih, Y.L. 2019. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Reflektif Berbantuan Aplikasi Moodle. Jurnal Indiktika, Vol. 1(2) : 134-143.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4(1) : 1-10.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.