MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA

Authors

  • Novia Widiati Universitas PGRI Palembang
  • Syaifuddin Syaifuddin Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Nyimas Inda Kusumawati Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4163

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 kelas. Sampel diambil dengan melakukan acak kelas, dan terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis tentang kemampuan penalaran matematika. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, uji statistik yang dilakukan adalah uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang.

 Kata kunci : penalaran matematika, pembelajaran berbasis masalah                  

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of problem-based learning models on the ability of mathematical reasoning on arithmetic sequences and series in class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. This study used an experimental research method with post-test only control design. The population in this study were all students of class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang in the 2018/2019 school year, amounting to 3 classes. Samples were taken by doing a random class, and selected class VIII.A as an experimental class and class VIII.B as a control class. Data collection techniques in this study were written tests of mathematical reasoning abilities. Data were analyzed descriptively quantitatively, the statistical test conducted was the t-test. The results of the data analysis show that there is an influence of the problem-based learning model on the ability of mathematical reasoning on arithmetic sequences and series in class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang.

 Keywords :  mathematical reasoning, problem based learning

 

 

 

 

 

 

References

Al Ayubi, I.I., Erwanudin, dan Bernard. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 1(3) : 355-360.

Harususilo, Y.E. Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia? Kompas.com, 7 Desember 2019 hal.1. [Online]. Tersedia : https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudaa, S. 2018. Estetika Berbahasa: Mengapresiasi Bahasa Indonesia. Sukabumi: CV Jejak Publisher.

Isrok'atun dan Rosmala, A. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Latif, M. 2014. Filsafat Ilmu: Orientasi ke Arah Pemahaman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Masri, M.F., Suyono, dan Deniyanti, P. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vol. 11(1) : 116-126.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Rohana dan Ningsih, Y.L. 2019. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Reflektif Berbantuan Aplikasi Moodle. Jurnal Indiktika, Vol. 1(2) : 134-143.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4(1) : 1-10.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Downloads

Published

2020-06-15