ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4380

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, gaya belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajarnya. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang siswa dari SMK Kesehatan Husada Pratama, dengan masing-masing gaya belajar terdapat 10 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual berada pada kategori kemampuan rendah, kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar auditori berada pada kategori kemampuan sedang, dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori kemampuan sedang. Pada hasil juga menunjukkan bahwa rerata total skor siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih baik 1,9 dari siswa dengan gaya belajar auditori, dan lebih baik 4,3 dari siswa dengan gaya belajar visual. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMK Kesehatan Husada Pratama berada pada kategori sedang, dan gaya belajar kinestetik lebih baik daripada gaya belajar visual ataupun auditori.

References

De Porter, B dan M. Hernacki. 2015. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Greenes, C. and Schulman, L. 1996. Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations. In P. C. Elliot and M. J. Kenney (Eds). 1996 Yearbook. Communication in Mathematics. K-12 and Be. Vond. USA : NCTM.

Lanani, K. 2013. Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi untuk Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, Vol. 2(1) : 13-25.

Mousa, N. M. 2014. The Importance of Learning Styles in Education. International Journal of Education. Vol. 1. 19-27.

Nari, N. 2015. Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Ta’dib, Vol. 18(2) : 150-162.

Nasution, S. 2016. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2014/2015. AXIOM : Jurnal Pendidikan & Matematika, Vol. 5(1) : 30-40.

Prayitno, S., Suwarsono, St., dan Siswono, T.Y.E. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 9 November 2013. ISBN : 978- 979-16353-9-4.

Prinansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Putri, R. I. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Magelang. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Romli, M. 2010. Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 1-17.

Supriadi, N. dan Damayanti, R. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7(1) : 1-9.

Syahri, A.A. 2017. Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII. MaPan: Jurnal Matematika & Pembelajaran, Vol. 5(2) : 216-235.

Tandililing, E. 2011. Peningkatan Pemahaman dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Strategi PQ4R dan Bacaan Refutation Text. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Taufiq. 2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Kontekstual dan Strategi Think Talk Write. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Widjajanti, D. B. 2013. The Communication Skills and Mathematical Connections of Prospective Mathematics Teacher: A Case Study on Mathematics Education Students, Yogyakarta State University, Indonesia. Jurnal Teknologi (Social Science). 63(2) : 39-43.

Wulandari, I.A.D., Suarsana, I M., dan Pujawan, I G.N. 2018. Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick, Mind Mapping, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. MaPan: Jurnal Matematika & Pembelajaran, Vol. 6(1) : 82-93.

Downloads

Published

2020-12-23