KESADARAN DAN PENGATURAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA SOAL PISA

Authors

  • Pingki Dinda Harmilia IKIP PGRI JEMBER
  • Eric Dwi Putra
  • Dwi Noviani Sulisawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4865

Keywords:

kesadaran dan pengaturan berpikir, soal PISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal PISA. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Dipilih 2 siswa kelas XI SMA Nurul Islam Jember sebagai subjek penelitian, 1 siswa untuk kategori siswa yang memiliki nilai paling tinggi dan 1 siswa untuk kategori siswa yang memiliki nilai paling rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Dilakukan analisis terhadap kesadaran penuh dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal permasalahan berjenis PISA pada mata pelajaran matematika. Komponen kesadaran dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal PISA yaitu attention, recall of knowledge, planning, monitoring dan evaluation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kesadaran dan pengaturan berpikir siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan rendah berbeda serta bergerak secara tidak linear. Siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah pada materi kecepatan yaitu melalui komponen attention, recall of knowledge, planning, planning, monitoring, evaluation, attention, attention, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring kemudian evaluation. Sedangkan kesadaran dan pengaturan berpikir siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah pada materi kecepatan yaitu melalui komponen attention, recall of knowledge, planning, planning, monitoring, evaluation, attention, attention, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring kemudian evaluation.

Author Biography

Pingki Dinda Harmilia, IKIP PGRI JEMBER

IKIP PGRI JEMBER

References

Baidawi, M. 2017. Kesadaran dan Pengaturan Berpikir Guru Prospektif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Brigham, J. C. 1991. Social Psychology. 2nd Edition. New York: HarperCollins Publishers, cop.

Dhany, A. 2013. PISA (Programme Internationale for Student Assesment). [Online]. Tersedia: https://dhanymatika.wordpress.com/2013/09/02/pisa-programme-internationale-for-student-assesment/. [6 April 2020].

Schraw, G. and Moshman, D. 1995. Metacognitive Theories. Educational Psychology Papers and Publications. Paper 40 : 351-371.

Solso, R. dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Edisi Delapan. Jakarta: Erlangga.

Suherman, E. dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Sulisawati, D.N. 2013. Pengaturan Diri Siswa SMP dengan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Susilowati, J.P.A. 2016. Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), Vol. 1(2) : 132-148.

Wardhani, S. dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK.

Widjajanti, D. B. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Desember 2009. Hal: 402-413. ISSN 978â€979â€16353â€3â€2.

Zayyadi, M. dan Sulfiah, K. 2018. Analisis Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Pada Soal PISA. [Online]. Tersedia: https://www.academia.edu/38286917/ANALISIS_LITERASI_MATEMATIKA_SISWA_BERKEMAMPUAN_MATEMATIKA_TINGGI_PADA_SOAL_PISA.pdf. [20 Mei 2020].

Downloads

Published

2020-12-18