KESADARAN DAN PENGATURAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA SOAL PISA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4865Keywords:
kesadaran dan pengaturan berpikir, soal PISAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal PISA. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Dipilih 2 siswa kelas XI SMA Nurul Islam Jember sebagai subjek penelitian, 1 siswa untuk kategori siswa yang memiliki nilai paling tinggi dan 1 siswa untuk kategori siswa yang memiliki nilai paling rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Dilakukan analisis terhadap kesadaran penuh dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal permasalahan berjenis PISA pada mata pelajaran matematika. Komponen kesadaran dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal PISA yaitu attention, recall of knowledge, planning, monitoring dan evaluation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kesadaran dan pengaturan berpikir siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan rendah berbeda serta bergerak secara tidak linear. Siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah pada materi kecepatan yaitu melalui komponen attention, recall of knowledge, planning, planning, monitoring, evaluation, attention, attention, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring kemudian evaluation. Sedangkan kesadaran dan pengaturan berpikir siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah pada materi kecepatan yaitu melalui komponen attention, recall of knowledge, planning, planning, monitoring, evaluation, attention, attention, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring, recall of knowledge, planning, monitoring kemudian evaluation.
References
Baidawi, M. 2017. Kesadaran dan Pengaturan Berpikir Guru Prospektif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Brigham, J. C. 1991. Social Psychology. 2nd Edition. New York: HarperCollins Publishers, cop.
Dhany, A. 2013. PISA (Programme Internationale for Student Assesment). [Online]. Tersedia: https://dhanymatika.wordpress.com/2013/09/02/pisa-programme-internationale-for-student-assesment/. [6 April 2020].
Schraw, G. and Moshman, D. 1995. Metacognitive Theories. Educational Psychology Papers and Publications. Paper 40 : 351-371.
Solso, R. dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Edisi Delapan. Jakarta: Erlangga.
Suherman, E. dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
Sulisawati, D.N. 2013. Pengaturan Diri Siswa SMP dengan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Susilowati, J.P.A. 2016. Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), Vol. 1(2) : 132-148.
Wardhani, S. dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK.
Widjajanti, D. B. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Desember 2009. Hal: 402-413. ISSN 978â€979â€16353â€3â€2.
Zayyadi, M. dan Sulfiah, K. 2018. Analisis Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Pada Soal PISA. [Online]. Tersedia: https://www.academia.edu/38286917/ANALISIS_LITERASI_MATEMATIKA_SISWA_BERKEMAMPUAN_MATEMATIKA_TINGGI_PADA_SOAL_PISA.pdf. [20 Mei 2020].
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.