PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KELAS VII SMP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIMPUNAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.4927Keywords:
LKS, saintifik, himpunanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan dan untuk mengetahui kualitas LKS dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis meliputi (1) analisis kebutuhan; (2) analisis kompetensi dan instruksional. Tahap desain meliputi (1) penyusunan rancangan LKS; (2) membuat instrumen penelitian. Tahap pengembangan meliputi (1) pengembangan LKS; (2) validasi LKS; (3) revisi LKS; (4) ujicoba kelompok kecil. Tahap implementasi (1) ujicoba kelompok besar. Tahap evaluasi meliputi penilaian kualitas LKS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Xaverius Lubuklinggau. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKS yang dikembangkan meliputi angket ahli dan angket kepraktisan siswa. Angket ahli digunakan untuk mengukur kevalidan LKS sedangkan angket kepraktisan siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan LKS. Produk penelitian berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,08 berdasarkan penilaian tiga dosen ahli (ahli bahasa, materi dan media) dengan skor maksimal 4,00; dan (2) kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 3,43 berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKSReferences
Anwar, R. 2014. Hal-hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. HUMANIORA, Vol. 5(1) : 97-106.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fitriana, D., Yusuf, M., dan Susanti, E. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Melihat Berpikir Kritis Siswa Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10(2) : 23-38.
Hidayah, F. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Kelas VIII SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. [Online].
Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/6896/1/SKRIPSI.pdf.
Jayanti, M. dan Wiratomo, Y. 2017. Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol. 2(1) : 22-32.
Nasution, A. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Vol. 1(1) : 47-63.
Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., dan Nurjaman, A. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, Vol. 1(3) : 9-20.
Romiati, E. dan Theis, R. 2017. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dan Strategi Pembelajaran PQ4R Pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 11 Kota Jambi. Edumatica, Vol. 7(1) : 37-43.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, Vol. 5(3) : 116-125.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, A., Dewi, E.R.S., dan Purnamasari, V. 2018. Pembelajaran Model Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, Vol. 5(1) : 31-37.
Zulfah. 2017. Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(2) : 1-12.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.