ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME LIMAS
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4930Keywords:
learning obstacle, phytagoras, volume limasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle pada materi volume limas kelas VIII. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Shailendra Palembang dan guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, identifikasi learning obstacle ini bagian dari tahap prosfektif yang ada pada didactical design reserach. Identifikasi learning obstcale pada penelitian ini didapat dari hasil analisis tes diagnostik, hasil wawancara guru dan hasil kajian RPP guru. Hasil dari penelitian ini didapat learning obstacle pada materi volume limas dari faktor epistemologis adalah sebagai berikut: (a) learning obstacle pada konsep perpangkatan; (b) learning obstacle pada konsep phytagoras; (c) learning obstacle pada konsep satuan luas dan volume; dan (d) learning obstacle pada konsep limas. Learning obstacle pada materi volume limas dari faktor didaktis adalah RPP guru mata pelajaran tidak mencerminkan kegiatan belajar-mengajar yang cocok untuk materi volume limas. Learning obstacle pada materi volume limas dari faktor ontogenik tidak ditemukan pada saat berlangsungnya proses penelitian.
References
Blanco, L. J. 2001. Errors in The Teaching/learning of The Basic Concepts of Geometry. International Journal For Mathematics Teaching And Learning, 24.
Brousseau. 2002. Theory of Didactical Situation in Mathematics. The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Cahyaningrum, S. 2015. Identifikasi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Prisma dan Limas Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fauziah, N. S. 2016. Desain Didaktis Konsep Pangkar dan Akar Berdasarkan Learning Obstacle dan Learning Tajectory. [Online]. Tersedia : http://repository.upi.edu/29916/
Fuadiah, N. F., Suryadi, D., dan Turmudi, T. 2017. Some Difficulties in Understanding Negative Numbers Faced by Students: A Qualitative Study Applied at Secondary Schools in Indonesia. International Education Studies, Vol. 10(1) : 24-38.
Fuadiah, N. F., Suryadi, D., dan Turmudi, T. 2019. Teaching and Learning Activities in Classroom and Their Impact on Student Misunderstanding: A Case Study on Negative Integers. International Journal of Intruction, Vol. 12(1) : 407-424.
Istiani, A. dan Hidayatulloh. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, 6 Mei 2017. Hal: 129-135.
Moleong, l.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudzakir, A. S. 2010. Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Bandung: Pustaka.
Program PPG dalam Jabatan. 2019. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Risnanosanti. 2012. Hypothetical Learning Trajectory Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Hal: 743-750. ISSN 978-979-16353-8-7.
Sarah, S., Suryadi, D., dan Fatimah, S. 2017. Desain Didaktis Konsep Volume Limas Pada Pembelajaran Matematika SMP Berdasarkan Learning Trajectory. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol. 1(1) : 31-42.
Sholihah, S.Z. dan Afriansyah, E.A. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa, Vol. 6(2) : 287-298.
Sunarsi, A. 2009. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Luas Permukaaan serta Volume Prisma dan Limas Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suryadi, D. 2013. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 1 : 3-12. ISSN 977-2338831.
Suryadi, D. 2016. Didactical Design Research (DDR) : Upaya Membangun Kemandirian Berpikir Melalui Penelitian Pembelajaran. Makalah Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSWAGATI, Cirebon, 6 Februari 2016. ISBN 978-602-71252-1-6.
Tanzimah, Somakim, dan Santoso, B. 2013. Desain Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Media Permainan Kakisambe di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 22(2) : 112-121.
Tuzahrah, F., Rasiman, Z., dan Ijuddin, R. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 5(10) : 1-12.
Yunarti, T. 2017. Desain Didaktis Berbasis Masalah; Untuk Teori Peluang SMA, Pendekatan Baru Dalam Memperbaiki Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Media Akademi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.