PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931Keywords:
soal open ended, berpikir kreatifAbstract
Salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal open ended. Selain itu pendukung tingkat keberhasilan proses pembelajaran adalah ketersedian sumber belajar yang memadai sebagai penunjang aktivitas belajar mahasiswa. Selama ini sumber belajar yang sering digunakan dalam kegiatan perkuliahan adalah buku teks dari penerbit termasuk untuk mata kuliah Pengantar Probabilitas. Akan tetapi, soal-soal pada buku teks tersebut merupakan soal-soal bersifat tertutup yang umumnya mengharuskan peserta didik mencari satu jawaban yang benar sehingga tidak menuntut mereka untuk berpikir kreatif. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan soal open ended yang menuntut mahasiswa untuk menyelesaikan masalah terbuka, agar kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dapat ditingkatkan. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Tessmer. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2019. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kualitatif pada self evaluation, expert review dan one-to-one, small group dan field tes. Untuk tahap field tes tidak dilaksanakan karena pertimbangan waktu dan biaya.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal open ended yang dikembangkan valid dan praktis. Soal dikatakan valid berdasarkan tahap expert review dan one to one, sedangkan praktis dilihat berdasarkan uji pada tahap small group.
Â
References
Anwar, M.N., et.al. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, Vol. 1(3) : 44-47.
Fardah, D.K. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 3(2) : 91-99.
Ghufron, M.N. dan Suminta, R.R. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hartanto. 2010. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Aplikasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Open Ended dengan Konvensional di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Maharani, H.R. 2014. Creative Thinking in Mathematics: Are We Able to Solve Mathematical Problems in a Variety of Way?. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2014 (ICMSE 2014), Faculty of Mathematics and Natural Sciences Semarang State University : 120-125.
Mrayyan, S. 2016. Investigating Mathematics Teacher’s Role to Improve Students’ Creative Thinking. American Journal of Educational Research, Vol. 4(1) : 82-90.
Putriyani, M. 2009. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Siswa Sekolah Dasar. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Vol. 6 : 1-7.
Riwayati, S. dan Sofiana, M. 2018. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Math-UMB.Edu, Vol. 5(3) : 39-45.
Siswono, T.Y.E. 2011. Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, Vol. 6 (7) : 548-553.
Suhandri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Gamatika, Vol. 3(2) : 140-146.
Supardi, U.S. 2012. Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, Vol. 2 (3) : 248-262.
Zulkardi. 2006. Formatif Evaluation: what, why, when, and how. [Online]. Tersedia: http://www.oocities.org/zulkardi/books.html. [10 Mei 2018].
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.