PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Ristontowi Ristontowi
  • Selvi Riwayati

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931

Keywords:

soal open ended, berpikir kreatif

Abstract

Salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal open ended. Selain itu pendukung tingkat keberhasilan proses pembelajaran adalah ketersedian sumber belajar yang memadai sebagai penunjang aktivitas belajar mahasiswa. Selama ini sumber belajar yang sering digunakan dalam kegiatan perkuliahan  adalah buku teks dari penerbit termasuk  untuk mata kuliah Pengantar Probabilitas. Akan tetapi, soal-soal pada buku teks tersebut merupakan soal-soal bersifat tertutup yang umumnya mengharuskan peserta didik mencari satu jawaban yang benar  sehingga tidak menuntut mereka  untuk berpikir kreatif. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengembangkan soal open ended yang menuntut mahasiswa untuk menyelesaikan masalah terbuka, agar kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dapat ditingkatkan. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan  Tessmer. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2019. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kualitatif pada self evaluation, expert review dan one-to-one, small group dan field tes. Untuk tahap field tes tidak dilaksanakan karena pertimbangan waktu dan biaya.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal open ended yang dikembangkan valid dan praktis. Soal dikatakan valid berdasarkan tahap expert review dan one to one, sedangkan praktis dilihat berdasarkan uji pada tahap small group.

 

References

Anwar, M.N., et.al. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, Vol. 1(3) : 44-47.

Fardah, D.K. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 3(2) : 91-99.

Ghufron, M.N. dan Suminta, R.R. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartanto. 2010. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Aplikasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Open Ended dengan Konvensional di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maharani, H.R. 2014. Creative Thinking in Mathematics: Are We Able to Solve Mathematical Problems in a Variety of Way?. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2014 (ICMSE 2014), Faculty of Mathematics and Natural Sciences Semarang State University : 120-125.

Mrayyan, S. 2016. Investigating Mathematics Teacher’s Role to Improve Students’ Creative Thinking. American Journal of Educational Research, Vol. 4(1) : 82-90.

Putriyani, M. 2009. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Siswa Sekolah Dasar. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Vol. 6 : 1-7.

Riwayati, S. dan Sofiana, M. 2018. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Math-UMB.Edu, Vol. 5(3) : 39-45.

Siswono, T.Y.E. 2011. Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, Vol. 6 (7) : 548-553.

Suhandri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Gamatika, Vol. 3(2) : 140-146.

Supardi, U.S. 2012. Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, Vol. 2 (3) : 248-262.

Zulkardi. 2006. Formatif Evaluation: what, why, when, and how. [Online]. Tersedia: http://www.oocities.org/zulkardi/books.html. [10 Mei 2018].

Published

2020-12-19